Acungan Jempol Atas Pembangunan Jalan Antar Dusun Melalui TMMD Reguler Brebes -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Acungan Jempol Atas Pembangunan Jalan Antar Dusun Melalui TMMD Reguler Brebes

Sabtu, 17 Oktober 2020

 


Brebes, fajarsumbar.com – Syamsuri (39), warga Dusun Kutagaluh RT. 03 RW. 02, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, tampak mengacungkan jempolnya kepada Pelda Ibrahim, anggota tim jurnalistik TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, saat dimintai tanggapannya tentang adanya badan jalan baru sepanjang 2,2 kilometer hasil TMMD Reguler yang membentang dari Dusun Karanganyar ke Dusun Kedung Kandri, Kalinusu. Sabtu (17/10/2020).


Menurutnya, jalan selebar 4-6 meter yang dalam tahap finishing yaitu pengerasan dengan alat berat itu, sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Kalinusu umumnya dan wargas Dusun Kedung Kandri khususnya, yang sudah merdeka dari keterisoliran selama 75 tahun dari semua fasilitas yang ada di desanya itu, baik kesehatan, pendidikan, dan lain-lain.


Dijelaskannya lebih dalam soal keterisoliran warga Dusun Kedung Kandri dulunya, bahwa sudah puluhan tahun sebelum adanya jalan TMMD itu, warga Kedung Kandri harus menyeberangi Kali Pemali dengan perahu untuk mendapatkan fasilitas pendidikan, kesehatan, dan ke pasar terdekat yang ada di wilayah desa/kecamatan tetangganya, yaitu Bantarkawung.


Mereka harus menyeberangi Kali Pemali dahulu dengan membayar ongkos penyeberangan Rp. 2 ribu untuk plus sepeda kayuh, orang dewasa plus sepeda motor Rp. 5 ribu, sedangkan anak sekolah adalah seribu rupiah pulang-pergi.


Sedangkan jika akan ke kantor desa untuk mengurus administrasi atau mengambil Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah, setelah menyebrang perahu maka harus melanjutkan perjalanan darat sejauh 8 kilometer lebih (45 menit lebih), dengan melewati sejumlah desa di wilayah kecamatan tetangganya itu, kemudian ke wilayah Kecamatan Bumiayu, hingga akhirnya sampai tujuan.


Kini, untuk ke Balai Desa Kalinusu, warga Kedung Kandri hanya membutuhkan waktu 8-10 menit dengan naik sepeda kayuh, dan 5 menit saja dengan sepeda motor, sehingga kedepan jalan TMMD itu jelas akan membuat anak-anak Kedung Kandri lebih bersemangat untuk sekolah ke wilayah Desa Kalinusu, Kaliwadas dan Desa Bumiayu, sehingga tidak hanya lulus SLTP saja.


Untuk itulah, dengan adanya jalan baru hasil TMMD Reguler itu, secara pribadi, Syamsuri yang juga sangat terbantu sebagai peternak dan petani, juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Brebes dan TNI.


“Bagi saya, kini mudah mengangkut panen atau mencari hijauan pakan ternak,” ungkapnya. (Rus/Aan)