Adanya Jalan Baru Hasil TMMD Reguler Brebes, Petani Kalinusu Kini Punya Garapan Baru -->

IKLAN-UT-TAYANG-16-NOVEMBER-2020

iklan halaman depan

Adanya Jalan Baru Hasil TMMD Reguler Brebes, Petani Kalinusu Kini Punya Garapan Baru

Selasa, 27 Oktober 2020

 


Brebes, fajarsumbar.com – Bagi Savage (42), warga Dukuh Kedung Kandri RT. 01 RW. 01, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dengan telah selesainya jalan TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, berarti harapan baru dirinya akan mempunyai lahan garapan baru.


Menurutnya, pembukaan dan pembangunan ruas jalan di desanya itu melalui TMMD Reguler, asas manfaatnya telah dirasakan begitu besar tidak hanya oleh warga setempat saja, melainkan juga oleh sejumlah warga yang ada di desa sekitarnya.


Dikatakan, dengan adanya TMMD di desa Kalinusu tersebut, dapat membuka akses jalan menuju salah satu pedukuhan, yakni Dukuh Kedung Kandri.


“Sebelum jalan TMMD jadi, warga di Dukuh Kedung Kandri sudah puluhan tahun tidak memiliki akses jalan, sehingga menjadi barokah sendiri dengan adanya TMMD dari Kodim Brebes itu,’’ ungkapnya di tugu prasasti TMMD yang berada di titik 800 meter jalan TMMD, Senin (26/10/2020).


Menurutnya, dengan adanya akses jalan baru tersebut akan membuka peluang untuk perkembangan pemukiman warga di Desa Kalinusu. Termasuk, akses jalan baru yang dibuat oleh TNI bersama warga itu juga membuka untuk pengelolaan tanah kas desa dari 5 desa, yaitu Desa Kalinusu, Kalilangkap, Kalisumur, Pamijen, Kaliwadas.


“Dimana tanah kas desa itu selama ini tidak tersentuh akses jalan yang memadai sehingga hasil pertanian tidak maksimal. Kini jalan sudah selesai dibangun TNI, dan saya akan bisa ikut menggarap lahan dari kas desa itu,’’ harap Savage.


Untuk itu, lanjutnya, dengan sudah selesainya bangunan jalan TMMD itu, warga Dukuh Kedung Kandri khususnya dan warga Kalinusu pada umumnya sangat antusias dan merasa senang. (Dar)