Bantuan Puluhan Mushaf Al Quran dari BWA Bumiayu, Warnai Non Fisik TMMD Reguler Brebes -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Bantuan Puluhan Mushaf Al Quran dari BWA Bumiayu, Warnai Non Fisik TMMD Reguler Brebes

Minggu, 18 Oktober 2020

 


Brebes, fajarsumbar.com – Badan Wakaf Al Quran (BWA) Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, juga ambil bagian ikut mensukseskan pembangunan non fisik TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, di desa tetangganya, yaitu Desa Kalinusu, Bumiayu.


Melalui Badar (62), pengurus BWA asal Desa Pruwatan, Bumiayu, menyumbangkan 40 buah mushaf Al Quran kepada dua tempat pendidikan yang ada di desa tersebut, yakni di Dukuh Maribaya dan Dukuh Petahanan.


Dijelaskan Serka Ali Mahfur, Babinsa Galuh Timur, Koramil 09 Tonjong, Kodim Brebes, selaku anggota tim jurnalistik TMMD Reguler 109 Brebes, untuk distribusi ke Dukuh Maribaya diberikan kepada Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Al Muhajirin.


Ini merupakan support bagi kemajuan dunia pendidikan agama islam di dukuh/dusun yang masih terisolasi dari desanya Kalinusu.


“Saya Babinsa dan warga asli Desa Galuh Timur, Kecamatan Tonjong, adalah tetangga langsung dari Dukuh Maribaya, Desa Kalinusu, yang berjarak kurang lebih 8 kilometer 30 menit. Oleh karena itu saya mengantarkannya langsung ke MDTA Al Muhajirin Dukuh Maribaya,” ujarnya, Sabtu (17/10/2020).


Dijelaskannya lanjut, Dukuh Maribaya ini kini menjadi dusun satu-satunya yang terisolasi dari desanya Kalinusu, dengan jarak tempuh 18 kilometer dalam rentang waktu 1 jam 15 menit perjalanan darat memutar melewati sejumlah desa di Kecamatan Tonjong, Kecamatan Bumiayu, dan akhirnya tiba di Desa Kalinusu.


Untuk itulah, dengan adanya akses jalan TMMD Reguler sepanjang 2,2 kilometer kebar 4-6 meter, yang membentang dari Dusun Karanganyar tembus ke Dusun Kedung Kandri yang kini merdeka dari keterisoliran, maka 150 kepala keluarga di Dusun Maribaya juga berharap Pemkab segera merealisasikan pembukaan badan jalan dari titik 800 meter jalan TMMD (Prasasti TMMD), tembus ke Dusun Maribaya sepanjang kurang lebih 4-5 kilometer.


Jalan yang digagas dan kemungkinan direalisasikan pada tahun 2021 mendatang itu, akan menjadi dekat ke desanya Kalinusu, seperti warga Dusun Kedung Kandri yang kini hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk datang ke Balai Desa Kalinusu ataupun sejumlah fasilitas yang ada di desanya itu.


Sementara itu, Masmuah, salah satu tenaga pengajar MDTA Al Muhajirin Maribaya, mengucapkan terima kasih kepada pengurus Badan Wakaf Al Quran Bumiayu, serta TNI yang telah mengantarkan langsung bantuan dan juga telah membuka peluang akses mereka ke Kalinusu. (Aan)