Batik Mandeh dan Batik Lumpo Miliki Keunikan dan Karakteristik Tersendiri -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Batik Mandeh dan Batik Lumpo Miliki Keunikan dan Karakteristik Tersendiri

Jumat, 02 Oktober 2020
.



Painan, fajarsumbar.com -  Anggota DPR RI Lisda Hendrajoni menyebutkan Batik Lumpo dan Batik Mandeh Rubiah dari Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar) memiliki keunikan dan karakteristik tersendiri yang tidak dimiliki di daerah.


Menurut Lisda yang juga isteri petahana Paslon Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni menyebutkan, keunikan Batik Lumpo, yang pewarnaannya menggunakan getah dari tanaman gambir dan tanpa menggunakan zat kimia sehingga lebih ramah lingkungan.


Sedangkan keunikan Batik Mandeh Rubiah dengan motifnya dibuat mengikuti pola-pola klasik yang terinspirasi dari beberapa buku dan ukiran yang ada di Rumah Gadang Mandeh Rubiah, Kecamatan Silaut Kabupaten Pesisir Selatan.


"Ke depannya batik tradisional asal kabupaten Pesisir Selatan ini akan terus dikembangkan sebagai salah satu upaya mendongkrak perekenomian masyarakat, Dikabupaten Pessel ini," harap Lisda kepada fajarsumbar.com, Jumat (2/10/2020).


Sebagaimana diketahui, setiap tahun awal Oktober seluruh Indonesia memperingati hari Batik Nasional yang menjadi warisan kebudayaan milik bangsa Indonesia yang harus dilestarikan.


"Pesisir Selatan memiliki dua batik unggulan, Batik Lumpo dan Batik Mandeh Rubiah. Kedua batik memiliki keunikan dan karakteristik tersendiri. Ini perlu dipertahankan, dan harus ada regenerasinya ke depan," pesan Lisda anggota DPR RI asal Pesisir Selatan tersebut. (ef)