Panwaslu Talawi Buka Penerimaan PTPS -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Panwaslu Talawi Buka Penerimaan PTPS

Jumat, 02 Oktober 2020

.


Sawahlunto, fajarsumbar.com - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat membuka penerimaan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020.


Ketua Panwascam Talawi sekaligus Koordinasi Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Data menyampaikan di Kecamatan Talawi bahwa pihaknya membutuhkan 42 orang pengawas TPS sesuai dengan jumlah TPS yang ada di Kecamatan Talawi yang tersebar di 42 lokasi di sebelas desa dengan rincian sebagai berikut :


1. DesaTalawi Mudik 6 TPS

2. Desa Bukik Gadang 3 TPS 

3. Desa Talawi Hilie 8 TPS

4. Desa Batu Tanjung 4 TPS

5. Desa Kumbayau 4 TPS

6. Desa Tumpuak Tangah 4 TPS

7. Desa Datar Mansiang 1 TPS

8. Desa Sijantang Koto 3 TPS

9. Desa Salak 3 TPS

10. Desa Sikalang  4 TPS

11. Desa Rantih 2 TPS 


Proses rekrument ini dimulai dari tahapan pengumuman pendaftaran yaitu tanggal 30 September sampai 2 Oktober 2020, pengumuman ini telah ditempel di 11 desa se-kecamatan Talawi dan tempat strategis di wilayah Kecamatan Talawi.


.


Kemudian tanggal 3 sampai 15 Oktober 2020 adalah tahapan pelaksanaan, penerimaan dan penelitian berkas administrasi serta wawancara.


Syarat Pendaftar Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) :


Warga Negara Indonesia, Pada saat pendaftaran berusia paling rendah 25 (dua puluh lima) tahun.


Setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, dan cita cita Proklamasi 17 Agustus 1945.


Mempunyai integritas, berkepribadian yang kuat, jujur, dan adil.


Memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan Penyelenggaraan Pemilu, ketatanegaraan, kepartaian, dan pengawasan Pemilu.


Berpendidikan paling rendah sekolah menengah atas atau sederajat.


Pendaftar diutamakan berasal dari kelurahan/desa setempat.


Mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika.


Mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun pada saat mendaftar sebagai calon Pengawas TPS.


Mengundurkan diri jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan/atau di badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah pada saat mendaftar sebagai calon.


Tidak pernah dipidana penjara selama 5 (lima) tahun atau lebih, dibuktikan dengan surat pernyataan.


Bersedia bekerja penuh waktu yang dibuktikan dengan surat pernyataan.


Bersedia tidak menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan/atau badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah selama masa keanggotaan apabila terpilih.


Tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama Penyelenggara Pemilu.


Dan jika terpilih, bersedia melaksanakan pemeriksaan rapid test atau Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) atau menggunakan surat keterangan bebas gejala seperti influenza yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit atau otoritas kesehatan dalam hal layanan rapid test atau RT-PCR tidak tersedia.


Ditegaskan Kepala Sekretariat Panwascam Talawi Fransieromi bahwa pendaftar yang mendaftar harus  mamatuhi protokol Covid-19. "Pelamar juga melampirkan surat keterangan sehat dari puskesmas atau Rumah Sakit", sebutnya.


Anggota Panwascam Talawi

1. Ketua sekaligus Divisi SDM Organisasi dan Data Kasnama

2. Kordiv PHL atau Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Adni Suryani, S. Pd.

3. Kordiv HPP atau Hukum dan Penindakan Pelanggaran Romi Andrika, S. SI.

4. Kepala Sekretariat Fransieromi, S. Pd. I.


Sementara itu Kordiv HPP Romi Andrika mengimbau, Untuk putra putri terbaik Talawi yang berintegritas tinggi yang berminat menjadi penyelenggara pemilu dan bergabung dengan keluarga besar Bawaslu bisa mendaftarkan diri langsung ke Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Talawi yang beralamat di Jln.Dr. Amir simpang mandaliko Desa Talawi Mudik. Atau menghubungi panitia pendaftaran yaitu Nur Azizah Amnur (hp 081364397293).


"Untuk mereka yang mendaftar dapat mengisi formulir di kantor Panwascam Talawi dan kami berharap mereka yang melamar merupakan warga sekitar bukan warga luar kecamatan tempat mereka tinggal", katanya.


Ia menambahkan, keberadaan PTPS tersebut, sangat dibutuhkan sebagai kepanjangan tangan dari Panwascam dalam melakukan pengawasan di tingkat desa atau TPS selama tahapan hingga pemilihan dan penghitungan hasil pilkada selesai.


Harapan kami pelamar yang sudah diterima nantinya dapat maksimal dalam menjalankan tugas dan fungsinya", sambungnya.


Adni Suryani kordiv PHL juga menambahkan selain membuka pendaftaran PTPS pihaknya juga memberikan ruang kepada masyarakat untuk memberikan tanggapan terhadap proses tahapan seleksi.


“Klarifikasi atas tanggapan dan masukan masyarakat atas pleno Panwascam memiliki rentan waktu, 4-6 November 2020,” jelasnya.(ton)