Berharap Bantuan Pusat Rp2,4 Juta, Warga Ramai-ramai Urus Izin UKM -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Berharap Bantuan Pusat Rp2,4 Juta, Warga Ramai-ramai Urus Izin UKM

Rabu, 14 Oktober 2020

(Sanji)

Bukittinggi, fajarsumbar.com -  Warga yang memiliki Usaha Kecil dan Menengah (UKM) ramai-ramai mengurus izinnya. Harapan mereka agar dapat menerima bantuan dana hibah dari pusat melalui provinsi sebesar Rp2,4 juta.


Ramainya warga mengurus izin UKM tersebut ke kecamatan dibenarkan Camat Guguak Panjang, Kota Bukittinggi, Sanji kepada fajarsumbar.com di ruangannya, Rabu (14/10/2020).


Menurutnya, dengan adanya  bantuan dana hibah dari pemerintah pusat kepada usaha kecil mikro dan menengah sebesar Rp2,4 juta, warga ramai-ramai mengurus izin UKM tersebut.


Bantuan ini dalam rangka penanganan Covid-19 dan menumbuhkan ekonomi kerakyatan. Progran itu dari pemerintah pusat, yang diturunkan melalui provinsi dan kabupaten dan kota melalui Dinas Koperasi UMKM  Perdagangan.


Peran kecamatan membantu masyarakat mengurus izin, sesuai dengan pelimpahan wewenang untuk izin UKM dikeluarkan oleh kecamatan.


Namun untuk keluarnya izin UKM, harus dilengkapi beberapa persaratan. Seperti memiliki usaha diketahui oleh RT/RW dan lurah dilengkapi dengan bukti fisik, foto tempat usaha, berupa perdagangan (warung), perternakan ikan lele misalnya, atau perkebunan (tanaman hias).


Yang intinya dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan  sehingga menambah penghasilan masyarakat, dengan syarat di bawah Rp50 juta pendapatan dan omset Rp300 juta.


“Kita memang membantu meningkatkan ekonomi masyarakat, khusunya Kecamatan Guguak Panjang, karena letaknya memang berdekatan dengan Pasar Grosir Aur Kuning. Yang mengurus ini pada umumnya PKL, dari bermacam usaha kecil, warung makan, warung kopi dan pedagang buah-buahan dan lain-lain," ujarnya.


Lebih lanjut kata Sanji, izin usaha ini dapat dipergunakan untuk mendapatkan KUR juga sebagai legalitas berusaha  dan mendapatkan bantuan lain dari pemerintah.


Kepada masyarakat pemohon untuk  mendapatkan dana UKM dengan catatan tidak sedang punya hutang dari kredit bank. 


Pemerintah pusat akan memverifikasi siapa saja yang akan mendapat bantuan dana hibah lepas Rp2,4 juta tersebut.


Bantuan ini sudah tahap ke III, tahap pertama melalui online, tahap II diberitahu warga banyak yang mengurus.


“Kita bantu secepatnya mengeluarkan surat izin UKM apakah sudah cair atau belum tidak ada informasi kepada kecamatan," ungkapnya.


Ditambahkan Sanji, Kecamatan Guguak Panjang memberikan pelayanan, membantu masyarakat mengeluarkan perizinan UKM sebagai syarat untuk mendapatkan dana hibah dar pemerintah pusat,” ujarnya. (gus)