Sumbar Resmi Terapkan Aturan Perda Adaptasi Kebiasaan Baru -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Sumbar Resmi Terapkan Aturan Perda Adaptasi Kebiasaan Baru

Sabtu, 10 Oktober 2020
ilustrasi



Padang, fajarsumbar.com - Sumatera Barat (Sumbar) resmi memberlakukan Perda Nomor 6 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 hari ini Sabtu, (10/10/2020).


“Sosialisasi Perda ini sudah dilakukan di seluruh kabupaten/kota. Kita anggap semua masyarakat sudah tahu dan paham aturan wajib menggunakan masker. Jika melanggar dikenai sanksi,” kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat meluncurkan Tim Gabungan Penegak Perda di Padang, Sabtu (10/10).

 

Sanksi itu termuat dalam BAB X Ketentuan Pidana pada pasal 101. Ayat 1, setiap orang yang melanggar kewajiban menggunakan masker sebagaimana dimaksud dalam Pasal 11 huruf d angka 2 dipidana dengan kurungan paling lama dua hari atau denda paling banyak Rp250.000.


Ayat 2, tindak pidana sebagaimana dimaksud pada ayat 1 hanya dapat dikenakan apabila sanksi administratif yang telah dijatuhkan tidak dipatuhi atau pelanggaran dilakukan lebih dari satu kali, sedangkan ayat 3, tindak pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah pelanggaran.


Pasal 102 ayat 1, setiap penanggung jawab kegiatan/usaha yang melanggar kewajiban penerapan perilaku disiplin protokol kesehatan dalam melaksanakan kegiatan/usaha dan aktivitas lainnya, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 huruf b dipidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp15.000.000.


Ayat 2, tindak pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) hanya dapat dikenakan apabila sanksi administratif yang telah dijatuhkan tidak dipatuhi atau pelanggaran dilakukan lebih dari satu kali, sedangkan ayat 3, tindak pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah pelanggaran.


Irwan mengatakan sanksi itu dijatuhkan bila sebelumnya sudah pernah dikenai sanksi administrasi. 


“Perda ini dibuat agar masyarakat patuh pada protokol kesehatan. Dengan begitu potensi penyebaran Covid-19 bisa ditekan dan diminimalkan,” katanya sebagaimana dikutip antara.com.


Sementara itu, Tim Gabungan yang terdiri dari beberapa unsur, di antaranya Satpol PP Sumbar, Kepolisian, Jaksa, Hakim dan TNI siap untuk melaksanakan razia masker.


Pasar Raya Padang menjadi lokasi pertama penegakan Perda Nomor 6 tahun 2020 itu di Sumbar.(*)