Camat Guguak Panjang Minta ASN Kecamatan Tetap Netral pada Pilkada -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Camat Guguak Panjang Minta ASN Kecamatan Tetap Netral pada Pilkada

Rabu, 14 Oktober 2020

Sanji


Bukittinggi, fajarsumbar.com - Dalam mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) diminta ASN netral, walaupun ikut membantu administrasi.


Hal ini disampaikan Camat Guguak Panjang Kota Bukittinggi Sanji kepada fajarsumbar.com di ruangannya, Selasa (13/10/2020). 


“Kita melaksanakan pemilu pada 9 Desember 2020,  secara umum tugas kecamatan dan kelurahan tentu mensukseskan perhelatan sekali 5 tahun ini. Dillaksanakan sesuai aturan yang ada,  berjalan dengan baik, lancar,  terciptanya rasa aman, nyaman dan kondusif bagi masyarakat," ujarnya.


Salah satu agenda nasional pelaksanaan Pemilu dalam pemilihan kepala daerah baik itu gubernur, wakil gubernur  maupun walikota dan wakil walikota, yang harus berjalan dengan sukses.


“Kami selaku ASN akan menjalankan sesuai aturan yang ada dan kepada ASN diimbau harus netral, propesional dalam bekerja, sesuaikan dengan tugas masing-masing. Sebab beberapa ASN terlibat dalam sekretariat, mulai dari PPK, sampai PPS yang ada dikelurahan," ujarnya.


Lebih lanjut kata Sanji, ASN memang ditugaskan untuk membantu administrasi dari penyelenggara pemilu, mulai dari tingkat kelurahan sampai ke tingkat kecamatan, dan tidak ada kepentingan lain, hanya ikut mengsukseskan penyelengaraan pemilu ini.


Karena pegawai telah terbiasa melaksanakan administrasi yang dilakukan oleh mereka, sementara untuk sekretariat dilaksanakan oleh pegawaii. Kalau untuk penyelenggara pemilunya,  adalah orang-orang yang sudah ditetapkan dari KPU, mulai PPK sampai PPS ditingkat kelurahan.


Sekarang  sedang berlangsung pembentukan dan pengrekrutan KPPS, KPPS,  secara administrasi yang dibutuhkan adalah orang yang memenuhi syarat sesuai dengan aturan yang ada. Kalau semua sudah dikerjakan sesuai aturan, maka aturan inilah yang akan menjaga pelaksana nantinya.


Untuk mengantisipasi kalau ada hal yang perlu penangan, tindak lanjut segera akan diskusikan dengan KPU,.


“Kami Forkompinca baik itu Kapolsek maupun Danramil sudah melaksanakan rapat untuk suksesnya pemilu ini sekaligus melaksanakan edukasi kepada masyarakat bahwa, pemilu ini hak semua warga yang telah memperoleh hak pilih, dalam mencoblos di bilik suara," ujarnya.


Dalam hal ini Sanji mengimbau kepada masyarakat, agar jangan pemilu ini menjadi perpecahan dan perselisihan. Tapi bagaimana pemilu ini dipergunakan untuk menyalurkan aspirasi kepada calon yang dipercaya.


Ciptakanlah pemilu ini sebagai pemilu badunsanak, terciptanya kondisi yang kondusif, aman, nyaman dan selalu mematuhi protokol kesehatan,pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak. “ Sehat berangkat memilih, dan sehat kembali kerumah,” ungkapnya. (gus)