Di Tengah Pandemi, Ketersediaan Pangan Mencukupi -->

IKLAN-UT-TAYANG-16-NOVEMBER-2020

iklan halaman depan

Di Tengah Pandemi, Ketersediaan Pangan Mencukupi

Rabu, 14 Oktober 2020
.

Padang, fajarsumbar.com - Sumbar terus menjaga ketersediaan pangan. Saat ini kesediaan pasokan bahan pangan di Sumbar masih mencukupi kebutuhan masyarakat, walau di tengah situasi pandemi corona atau Covid-19.

 

Berdasarkan data produksi dan konsumsi bahan pangan di Sumbar cenderung surplus pasokan. Sehingga, Sumbar bisa berperan sebagai daerah pemasok bagi wilayah lain di kawasan Sumatra maupun wilayah pulau Jawa. 


Kepala Dinas Pangan Sumbar, Efendi menyebutkan, adanya kerja sama perdagangan antar daerah. Tim Pengendalian Inflansi Daerah (TPID) Sumbar melaksanakan upaya pengendalian inflansi dengan penjualan bahan pangan oleh Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Sumbar melalui media pemasaran online (gojek).


Hal ini dilakukan dalam rangka memastikan kesedian pasokan dan menjaga kestabilan harga pangan di tengah resiko kenaikan harga tinggi akibat penyebaran wabah Covid-19. 


Alternatif lainnya yaitu pelaksanaan operasi pasar di tengah himbauan social distancing dengan melalui penjualan paket sembako murah secara online oleh TTIC.


Diakui, seluruh provinsi mampu memenuhi kebutuhan pangannya. Beberapa provinsi di Sumatera tercatat masih defisit. Hal ini membuat beberapa daerah memiliki ketergantungan pasokan dari daerah penghasil atau sentra. Akibatnya harga non sentra harga komoditas cenderung lebih tinggi.(hms-pemprov/ab)