DTPHP Sumbar Dorong Peningkatan Ekspor Komoditas Perkebunan -->

IKLAN-UT-TAYANG-16-NOVEMBER-2020

iklan halaman depan

DTPHP Sumbar Dorong Peningkatan Ekspor Komoditas Perkebunan

Selasa, 13 Oktober 2020
.


Padang, fajarsumbar.com
- Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Sumbar, terus mendukung Ditjen Perkebunan dalam akselerasi peningkatan ekspor komoditas perkebunan di Sumbar, utamanya kopi di tujuh sentra produksi kabupaten. 


Ke tujuh sentra produksi kabupaten tersebut, Kabupaten Agam, Tanah Datar, Solok, Solok Selatan, Pasaman, Limapuluh Kota, dan Kabupaten Pasaman Barat.


Hal itu dikatakan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikulutra dan Perkebunan Sumbar, Syafrizal, Selasa (13/10/2020).


Menurutnya, berdasarkan data tambah Syafrizal, ekspor kopi Minang hingga September 2020 tercatat mencapai volume 275 ton. Negara tujuan ekspor yaitu Malaysia, Korea Selatan, Hongkong, dan beberapa negara Timur Tengah.


"Ditjen Perkebunan terus memfasilitasi petani untuk memberikan bantuan sarana alat pascapanen dan pengolahan untuk menghasilkan produk-produk kopi bernilai tambah tinggi, juga dalam hal pembinaan dan pendampingan petani," ungkapnya.


Menurutnya, saat ini hanya tercatat kopi bareh Solok di tahun 2018 (dikenal dengan nama Sumatera Arabica Minang Solok) yang mendapat sertifikat indikasi geografis. Pihaknya mendorong penetapan kopi-kopi di Sumatera Barat lain yang memiliki ciri khas dari sisi geografis yang dihasilkan melalui perbedaan rasa dan aroma.


"Saya mencatat ada potensi jenis kopi Sumbar yang diperdagangkan dengan nama dagang Solok Rajo, Lasi, Robusta/Arabica Equator Talu, Kopi Kajai Spesialty, Charmintoran Coffee, kopi Payo dan lain-lain untuk mendapat pengakuan spesifik dari Indikasi Geografis," ungkapnya.


Menurutnya, pengakuan indikasi geografis pada suatu produk diyakini akan membawa banyak dampak positif, khususnya aspek perekonomian dan sosial, antara lain mampu menghasilkan produk berdaya saing dan pada akhirnya mendongkrak nilai jual suatu produk secara signifikan.(hms-pemprov/ab)