Hadapi Pandemi Covid-19 Unes-AAI Siapkan Kelas Digital Berbasis Android -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Hadapi Pandemi Covid-19 Unes-AAI Siapkan Kelas Digital Berbasis Android

Minggu, 11 Oktober 2020
Rektor Unes Dr. Otong Rosadi.SH. M. Hum pada pembukaan
PKKBM Tahun Akdemik 2020- 2021.


Padang, fajarsumbar.com -  Meski di tengah Covid-19 semangat dan minat generasi muda untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Universitas Eka Sakti-Akademi Akutansi Indonesia (Unes-AAI) Padang Tahun Akademik 2020- 2021 tidak berkurang. Ini terbukti telah 2 ribu orang lebih yang mendaftar.


Jika dibanding pada tahun akademik 2019-2020 memang mengalami penurunan, namun tidak begitu signifikan. Ini suatu bukti kepercayaan calon mahasiswa terhadap salah satu perguruan tinggi ternama di Sumbar tersebut.


Hal ini, terlihat dari jumlah mahasiswa baru yang menjalani PKKMB Tahun Akademik 2020 - 2021, berjumlah 2.200 orang, sedangkan Tahun Akademik  2019 - 2020 sebanyak 2.500 orang. Penurunan jumlah mahasiswa itu, diduga karena faktor ekonomi masyarakat belum stabil, dari dampak pandemi Covid- 19 yang belum melandai.


Hal tersebut, diungkapkan Rektor Unes Dr. Otong Rosadi., SH. M. Hum kepada wartawan didampingi Wakil Rektor III Mahmut. R. Bara M.Si, Direktur AAI Richardo. SP. MM dan Kepala Bagian Humas Haji Syarifuddin. S.E. M. Hum di Auditorium Unes-AAI Padang, usai penyambutan mahasiswa baru dan Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2020 - 2021, secara daring atau virtual, Sabtu (10/10/2020).

 

Menurut Otong Rosadi, mahasiswa baru tersebut, bisa mencapai 2 ribu lebih, karena beberapa program study masih dibuka pendaftarannya. Seperti pasca sarjana program study Ilmu Hukum dan program study Sastra serta program study lainnya. Termasuk di AAI jelang pertengahan Oktober nanti.


Kehadiran mahasiswa baru, melalui kegiatan PKKMB Unes-AAI saat ini, merupakan suatu fenomena yang menggembirakan dalam perkembangan pendidikan di Sumatera Barat, karena minat masyarakat untuk melanjutkan pendidikan ditengah pandemik Covid-19 cukup tinggi.


Di tengah pandemi Covid-19 ini, perguruan tinggi itu tidak hanya harus berpacu dengan persaingan global, namun juga harus menjaga kesehatan dan kekuatan mental dalam menghadapi virus corona.


Sejak bergulirnya pandemi Covid-19, Maret - April, Unes-AAI telah menyiapkan kelas digital yang bisa dimanfaatkan oleh dosen, untuk melaksanakan kuliah. Mulai dari kegiatan presentasi kehadiran, memadukan bahan ajar, tugas, kuis dan proses penilaian.


Kelas digital ini, kata Otong, bersama platform lain, seperti zoom meeting, Google Class Cloudx bahkan Webek yang dapat digunakan oleh banyak dosen secara bergantian hingga akhir semester genap 2019 - 2020.


Memasuki platform baru yayasan, bersama Unes-AAI, telah menyiapkan kelas digital berbasis android dan mengintergrasikan transasi administrasi, proses pembelajaran dan manajemen informasi dosen.


Platform sistem aplikasi kelas digital Unes-AAI ini, tanggal 17 Agustus 2020, pukul 10.30 telah di soft launching, sedangkan, sabtu,(10/10/2020), dimanfaatkan untuk kegiatan PKKMB Tahun Akdemik 2020- 2021 dan selanjutnya diterapkan mulai, Senin (13/10/2020). 


Sebagaimana diketahui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim di tengah kondisi pandemik Covid-19, kegiatan PKKMB dilaksanakan secara daring dan seuaikan dengan kondisi dari masing-masing wilayah perguruan tinggi. 


PKKMB merupakan wahana bagi pimpinan perguruan tinggi untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat adaptasi dengan lingkungan baru, ungkap Makarim.


Ketua panitia penyelenggara PKKBM Mahmut. R. Bara M.Si menyebutkan, PKKBM Tahun Akademik 2020- 2021 diikuti 2. 200 orang mahasiswa baru, dengan nara sumber Kepala LLDIKTI Wilayah X, Kepala Kantor Kemenkumham Propinsi Sumatera Barat, wakil rektor I dan II Unes serta Tim IT Unes-AAI Padang.


Dalam penyelenggaraan PKKMB yang berlangsung, Jumat dan Sabtu, (9-10/10/2020), tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, cuci tangan sebelum masuk ruangan, jaga jarak antara sesama dan tidak membentuk kerumunan, ujar Wakil Rektor III Unes-Ai Padang itu

 

Pada kegiatan yang diberi tema, dengan PKKMB Unes-AAI, menciptakan mahasiswa yang mandiri dan bertanggung jawab, juga turut memberikan sambutan secara Virtual Kepala LLDIKTI Wilahah X Profesor. Dr. Herri. SE.MBA.(Rony Dz)