Hiu Paus Terdampar di Pantai Pasir Lansano, Pessel -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Hiu Paus Terdampar di Pantai Pasir Lansano, Pessel

Senin, 26 Oktober 2020



Painan, fajarsumbar.com - Seekor hiu paus terdampar di Pantai Pasir Lansano, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Senin (26/10). 


Pantauan, fajarsumbar.com di lokasi, Senin (26/10/2020), bangkai hiu paus itu masih teronggok di pinggir pantai dan menjadi tontonan warga.


Hiu yang masuk kategori dilindungi itu sempat masuk dalam alat penangkap ikan jenis pukat milik nelayan setempat.


"Kita sudah coba bersama-sama mendorong hiu ini ke tengah (laut) lagi. Tapi dia balik ke pinggir. Kondisinya sudah lemah, karena terjerat," kata Agus koordinator nelayan yang menemukan hiu paus tersebut.


Petugas dari Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang yang berada di lokasi memperkirakan hiu tersebut terdampar karena pengaruh cuaca.


"Hanya ada dua kemungkinan penyebab ikan ini terdampar. Pertama, karena keasyikan mencari makan, sehingga tak sadar sudah berada di tepi. Atau, terbawa arus akibat angin kencang, sehingga sampai ke pinggir pantai," jelas.  


Sebelumnya pada 19 Oktober 2019 seekor Hiu Paus juga terdampar di perairan daerah setempat, tepatnya di Pantai Tan Sridano, Kecamatan Batang Kapas.


Kata Agus, hiu tersebut adalah jenis hiu pemakan plankton dan termasuk spesies ikan terbesar.


"Kalau ikan ini hanya ada tiga jalan yang bisa dilakukan. Dibenamkan di laut lepas, dibakar atau dikuburkan," kata dia.


Sejauh ini belum ada langkah yang dilakukan bangkai ikan tersebut. Petugas BPSPL dan warga setempat masih membicarakan beberapa opsi," ucapnya.