IAIN Batusangkar Tandatangani MoU dengan Universitas Andalas -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

IAIN Batusangkar Tandatangani MoU dengan Universitas Andalas

Sabtu, 03 Oktober 2020

Rektor IAIN Batusangkar dan Rektor Unand melakukan penandatanganan MoU


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Sebagai Perguruan Tinggi yang memiliki visi misi dalam keilmuan, bereputasi global yang berkearifan lokal, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar jalin kerjasama dengan Univeritas Andalas (Unand) Padang, yang tertuang kedalam Memorandum of Understanding (MoU).


MoU itu ditandatangani kedua Rektor Perguruan Tinggi di Sumatera Barat tersebut. Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc dan Rektor Unand Padang Prof. Dr. Yuliandri, S.H, M.H. Pada penandatanganan itu didampingi masing-masing wakil rektor di gedung Rektorat Unand Padang, Kamis (1/10/20). 


Prof. Dr. Yuliandri, S.H, M.H, menyatakan bahwa sebelum penandatangan MoU, Unand siap untuk mendukung penuh perubahan alih status IAIN Batusangkar menjadi UIN Batusangkar. "Ini juga dinyatakan dengan telah dikeluarkannya surat dukungan dari Rektor Unand sebelum saya," ucap Rektor Unand. 


Dalam MoU antara IAIN Batusangkar dan Unand, banyak hal yang akan dilakukan yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat. "Ini tentu tonggak dasar dari MoU tersebut," tambah Rektor Unand lagi.


Rektor IAIN Batusangkar mengatakan ini bukan hal yang baru kita bergandengan tangan dengan Unand. Dalam hal memajukan pendidikan, keagamaan serta peningkatan kualitas pendidikan, kelembagaan dan sumber daya manusia, yang akan memberikan kontribusi nyata dalam dunia pendidikan.


Terjalinnya kerjasama ini tentunya akan melahirkan inovasi-inovasi di bidang pendidikan. Salah satunya tentang kampus mardeka, ini akan sinergi membuka akses bagi mahasiswa IAIN Batusangkar yang berminat dalam pengambilan mata kuliah di Unand, maupun sebaliknya.


"Mengingat kita di IAIN Batusangkar sudah mengantongi 7 program studi/jurusan yang telah terakreditasi A BAN-PT," ucap Marjoni. 


Marjoni Imamira menyampaikan, bagi dosen yang akan mengembangkan riset dalam penelitian dan pelatihan, dan berbagai hal lainya dan dapat direalisasikan serta diimplementasikan pada semua aspek dan program-program yang saling mengembangkan dalam dunia pendidikan.


Sementara Wakil Rektor bidang kemahasiswaan dan kerjasama Dr. Sirajul Munir, M.Pd mengatakan kita akan melakukan pengembangan kajian budaya Minangkabau di kampus IAIN Batusangkar, ini akan mendorong dari visi/misi IAIN Batusangkar


"Mengingat kita di IAIN Batusangkar sudah menyiapkan SDM untuk menjadi pilot project dan juga pusat informasi kajian budaya Minangkabau di kampus IAIN Batusangkar, sehingga siapapun yang datang ke Batusangkar mencari informasi tentang Minangkabau bisa mendapatkan yang akurat di IAIN Batusangkar," pungkasnya. (fdy)