Ibu-Ibu Jamaah Fatayat Muslimat NU Kalinusu Apresiasi Hasil TMMD Reguler Brebes -->

IKLAN-UT-TAYANG-16-NOVEMBER-2020

iklan halaman depan

Ibu-Ibu Jamaah Fatayat Muslimat NU Kalinusu Apresiasi Hasil TMMD Reguler Brebes

Selasa, 27 Oktober 2020

 


Brebes, fajarsumbar.com – Ibu-ibu jamaah Fatayat Muslimah NU Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mengucapkan terima kasih kepada selueuh pihak yang telah membangun infrasttruktru di desanya, yaitu jalan tembus dari Dusun Karanganyar ke Dusun Kedung Kandri, sepanjang 2,2 kilometer labar 4-6 meter.


Menurut mereka, dengan dibangunnya jalan itu, sekarang telah melancarkan segala aktivitas seluruh warga yang ada di desanya dan para pemilik lahan sawah di Kalinusu yang berasal dari desa/kecamatan tetangga, yaitu Bantarkawung, dalam mengangkut pupuk dan hasil panen.


Sebelum jalan dibangun, warga Kedung Kandri harus menyeberang Kali Pemali dengan naik perahu jika hendak keluar dusunnya untuk mendapatkan segala fasilitas terdekat di wilayah kecamatan tetangganya tersebut, dengan ongkos penyeberangan Rp. 2 ribu memakai sepeda kayuh, dan Rp. 5 ribu jika memakai sepeda motor. Sedangkan untuk anak-anak sekolah, juga mengalami hal yang sama jika akan ke sekolah di wilayah Kecamatan Bantarkawung, yaitu membayar ongkos penyeberangan seribu rupiah untuk bolak-balik.


Jika Kali Pemali banjir maka mereka tidak bisa kemana-mana, sehingga harga sembako di warung-warung kelontong akan melonjak karena stok terbatas.


Sementara dijelaskan Aliya (52) warga Dukuh Saljan RT. 01 RW. 06, Kalinusu, jika akan ke Kantor Balai Desa Kalinusu, setelah menyebrang rakit, mereka harus melanjutkan perjalanan darat sejauh 13 kilometer lebih (45 menit lebih), dengan melewati sejumlah desa di wilayah kecamatan tetangganya itu, kemudian ke wilayah Kecamatan Bumiayu, hingga akhirnya sampai tujuan.


Kini dengan adanya akses jalan itu, masyarakat Kedung Kandri tidak lagi harus menyeberangi Kali Pemali untuk mendapatkan berbagai fasilitas pelayanan di wilayah desa/kecamatan tetangganya itu, karena mereka bisa mendapatkannya di desanya Kalinusu dengan langsung melewati jalan TMMD dalam waktu 5 menit menggunakan sepeda motor.


“Untuk itulah saya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab, TNI, dan seluruh pihak yang telah mewujudkan harapan dari kerabat kami di Dusun Kedung Kandri. Sehingga mereka akan secepatnya sejahtera perekonomian, kesehatan, dan juga anak-anak lebih bersemangat lulus sampai ke bangku SLTA sederajat,” bebernya, Senin (26/10/2020).


Ditambahkannya, selain mendongkrak perekonomian warga tani yang menjadi profesi mayoritas di desanya, harga tanah di kanan kiri jalan yang dibangun ke arah Dusun Kedung Kandri itu, secara otomatis akan menaikkan harga tanah 50 persen dari harga sebelumnya. (Dar/Aan)