Ini Jenis Pelatihan yang Paling Dibutuhkan Petani -->

IKLAN-UT-TAYANG-16-NOVEMBER-2020

iklan halaman depan

Ini Jenis Pelatihan yang Paling Dibutuhkan Petani

Selasa, 13 Oktober 2020
.

Padang, fajarsumbar.com - Ada beberapa jenis pelatihan petani yang paling dibutuhkan untuk meningkatkan produksi hasil pertanian. Baik itu dari segi pengetahuan, keterampilan, hingga pengelolaan pertanian. 


Untuk jenis pelatihan petani yang paling dibutuhkan oleh para petani, di antaranya,  pemanfaatan teknologi digital, pelatihan penggunaan alat pertanian dan pengelolaan hasil pertanian.


Hal itu dikatakan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikulutra dan Perkebunan Sumbar, Syafrizal, Selasa (13/10/2020).


Menurutnya, pada era teknologi digital memang membawa perubahan yang sangat signifikan di berbagai sektor, termasuk pula pada sektor pertanian. Sebenarnya, para petani sangat diuntungkan dengan adanya teknologi digital seperti saat ini.


Pelatihan petani untuk memanfaatkan teknologi digital diharapkan mampu meningkatkan daya saing sektor pertanian terhadap sektor lainnya, seperti sektor industri. 


Misalnya saja, melakukan pelatihan penggunaan aplikasi pertanian. Para petani tidak hanya mendapatkan informasi pertanian secara lengkap dan cepat, tetapi juga bisa melakukan penjualan produk secara langsung kepada pembeli. 


Selain teknologi digital, pelatihan petani yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana menggunakan alat mesin pertanian. Sebab, perkembangan teknologi juga menyebabkan alat mesin pertanian semakin memiliki inovasi baru. 


Misalnya saja, mesin penanam padi, yang mungkin baru dikenal di Indonesia, mengingat masih banyak petani yang menggunakan cara tradisional saat menanam padi.

 

Apabila hal tersebut tidak dibarengi dengan keterampilan petani, maka akan ada hambatan dalam pelaksanaannya. Dalam pelaksanaan pelatihan alat mesin pertanian.


Petani pun tidak lagi mengeluarkan banyak tenaga seperti yang dilakukan sebelumnya dengan cara tradisional. Dengan begitu, para petani dapat melakukan kegiatan produktif lainnya dan itu membantu meningkatkan taraf hidup petani.  


Pelatihan pertanian berikutnya yang juga dibutuhkan di kalangan petani adalah terkait pengelolaan hasil pertanian. Saat memasuki musim panen, tidak jarang para petani mengalami kesulitan memasarkan produk pertaniannya. Sebab, kehadiran para tengkulak dapat mempersulit kehidupan petani. 


Para tengkulak tersebut membeli produk pertanian langsung dari petani dengan harga murah dan menjual kembali di pasaran dengan harga tinggi. Alhasil, keuntungan yang diperoleh petani menurun.(hms-pemprov/ab)