Kadis Tanaman Pangan Sambut Baik MoU Petani Kopi dengan PT SIS -->

IKLAN-UT-TAYANG-16-NOVEMBER-2020

iklan halaman depan

Kadis Tanaman Pangan Sambut Baik MoU Petani Kopi dengan PT SIS

Selasa, 13 Oktober 2020
Syafrizal


Padang, fajarsumbar.com - Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Sumbar, Syafrizal menyambut baik jalin kerjasama antara petani dan pelaku usaha kopi Minang di Sumbar dengan PT Surya Indo Singa (SIS) Bandung.


Menurut Syafrizal MoU itu akan menjadi momentum penguatan pasar kopi di Sumbar. “Walaupun saat ini di masa pandemi terdapat beberapa kendala pasar ekspor kopi, tetapi ke depan melalui kegiatan ini diharapkan ekspor kopi Sumbar bisa meningkat signifikan,” kata Syafrizal, Selasa (13/10/2020).


Selain kopi, menurutnya, potensi perkebunan Sumbar yang juga perlu dilakukan pengembangan dari hulu ke hilir dan ekspor adalah komoditas kakao, kelapa, karet, sawit, teh, rempah-rempah.


Terpisah pihak PT SIS Lily didampingi petani kopi Pasbar, Hendi mengatakan, walaupun di tengah pandemi, permintaan kopi masih terus berdatangan meski jumlahnya belum signifikan. Dalam waktu dekat, ia juga menyebut mendapat order ekspor dari Korea dan Eropa jenis robusta serta arabika. Ia berharap mendapat pasokan kopi dari Sumbar.


“Dengan adanya MoU ini, saya berharap kopi Minang ini bisa bersaing dengan kopi-kopi dunia. Kita mengetahui bahwa kopi Minang ini sangatlah unik dengan berbagai rasa dan keungulan masing-masing daerah penghasil kopi. Semoga ini awal yang bagus dan baik untuk perkopian di Sumbar,” ungkap Lily.


Hendi menambahkan, para petani kopi di Sumbar ini sangat berharap sekali dengan adanya MoU kopi dengan PT SIS Bandung. “Dengan ini kita berharap harga kopi bisa bagus, sehingga para petani kopi bisa menikmati jerih payahnya bertani,” kata Hendi singkat. (hms-pemprov/ab)