KPU Labuhanbatu akan Fasilitasi APD bagi Petugas Pilkada 2020 -->

IKLAN-UT-TAYANG-16-NOVEMBER-2020

iklan halaman depan

KPU Labuhanbatu akan Fasilitasi APD bagi Petugas Pilkada 2020

Rabu, 28 Oktober 2020
Kantor KPU Kabupaten Labuhanbatu.


Labuhanbatu, fajarsumbar.com - Pada pelaksanaan pemilihan Bupati/wakil Bupati tahun 2020 ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Labuhanbatu akan memfasilitasi alat pelindung diri (APD) bagi seluruh petugas tempat pemungutan suara (TPS).


"APD ini untuk mencegah sebaran penularan covid-19 bagi petugas TPS yang melayani masyarakat memberikan hak suaranya, Rabu 9 Desember 2020," sebut Ketua KPU Labuhanbatu Wahyudi, S.Sos kepada awak media, Selasa (27/10/2020).


Wahyudi menambahkan, KPU memasilitasi APD untuk 9.549 petugas TPS, dengan rincian 7.427 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan 2.122 petugas pengaman/ketertiban TPS yang digunakan pada hari H pemungutan suara.


"APD-nya sesuai standar protokol kesehatan. Seperti masker, sarung tangan dan alat pelindung wajah (faceshield) untuk digunakan masing-masing petugas TPS," sebutnya.


Selain itu, di lokasi TPS akan disediakan sarana pencuci tangan dan hand sanitizer. Lokasi TPS juga akan disemprot pada waktu-waktu tertentu.


"Pemilih juga akan diberikan sarung tangan dan diwajibkan memakai masker saat memasuki areal TPS dan pencoblosan," ungkapnya.


Menurut Wahyudi, penyediaan fasilitas APD terhadap petugas dan masyarakat pemilih, bukti kesiapan KPU menyelenggarakan Pilkada 9 Desember 2020, tanpa menjadi klaster baru penyebaran pandemi yang kini telah mengganggu kesehatan maupun perekonomian.


Pihaknya juga terus berusaha melakukan tindakan upaya pencegahan, terlebih pada pesta rakyat nanti, di antaranya tetap memberi pemahaman kepada penyelenggara di semua tingkatan agar mengedepankan protokol kesehatan menghindari penularan virus corona dalam bertugas.


"Kita semua penyelenggara siap perang terhadap Covid-19. Masuknya kenormalan tatanan baru sebagai upaya pencegahan sebaran Covid-19. Ayo jadikan penyelenggara Pemilu juga sebagai garda pencegah sebaran pandemi ini," ajak Wahyudi. (Randi)