Nagari Kinali Pasbar Bentuk Penitia Pemilihan Anggota Bamus -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Nagari Kinali Pasbar Bentuk Penitia Pemilihan Anggota Bamus

Selasa, 06 Oktober 2020

Suasana pemilihan anggota Bamus di aula kantor Nagari Kinali, Pasbar, Senin (5/10/2020).


Pasbar, fajarsumbar.com - Wali Nagari Kinali melakukan rapat pembentukan panitia pemilihan Badan Musyawarah Nagari (Bamus) di aula kantor Nagari Kinali, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, Senin (5/10/2020).


Pj Wali Nagari Kinali Harta Sani menyampaikan menurut jadwal berakhirnya anggota Bamus 24 November 2014 berakhir 23 November 2020. 


"Sudah saatnya kami untuk mempersiapkan yang arus dipersiapkan seperti mengundang unsur-unsur pemerintah dan tokoh masyarakat yang satu orang per jorong sudah kita undang," kata Pj Wali Nagari Kinali Harta Sani. 


Ia berharap pembentukan penitia ini adalah penitia yang dapat melakukan tugasnya dengan baik dengan mewujutkan peraturan perundang-undangan.


"Bagi penitia yang terpilih nanti bisa melakukan tugasnya dengan sebaik-baik mungkin dan memberiakan keadilan setinggi-tinginya sehingga kita bisa melakukan membangunan di Nagari Kiniali ini," harapannya. 


Untuk itu, apabila terjadi satu kesalahan dalam pemilihan bamus menurut peraturan yang berlaku no 14, mekanisme yang tidak sesuai maka Camat yang ada di Kenagarian Kinali bisa membatalkan pemilihan anggota bamus yang tidak sesuai mekanisme.


"Bagi angota Bamus yang terpilih nantinya agar bisa melakukan tugasnya dengan baik, dapat menjalankan amanah yang sudah diberikan dari priode 2020 sampai 2026 apa yang kita niatkan sesuai dengan yang kita inginkan," tuturnya. 


Sementara itu Camat kinali Bakaruddin mengatakan masa kerja dari anggota bamus yang dilantik pada 24 November 2014 sebayak 11 orang anggota Bamus dan berakhir 24 November 2020.


Menurut peraturan Pemerintah Daerah No 2 tahun 2018 mengupayakan dalam hal pemilihan anggota Bamus 6 bulan sebelum masa jabatan anggota Bamus itu sendiri berakhir. 


"Untuk pelaksanaan penitia anggota Bamus ini, 6 bulan sebelum berakhinya masa jabatan anggota bamus, tentunya sudah kita laksanakan," katanya. 

 

Sedangkan menurut peraturan Pemerintahan Nagari no 2 tahun 2018 berdasarkan pasal 40 peraturan anggota Bamus untuk priode 2020-2026 dengan jumlahnya 9 orang yang terdiri dari perwakilan di 17 kejorongan atau wilayah.


"Kita ada 17 kejorongan dari ke-17 ini, yang wajib kita pilih 8 orang anggota Bamus sedangkan satu orang sudah mutlak dari perwakilan perempuan," tuturnya. 


Kemudian berdasarkan perbup no14 tahun 20 tentang pelaksanaan Bamus pada pasal 4 juga seiring apa yang dituangkan pada no 2 tahun 2018 perwakilan perempuan wajib ada.


"Untuk pembentukan penitia harus orang yang bisa bekerja dan mempunyai waktu untuk melaksanakan kegitan yang sudah di tentukan untuk pemilihan anggota Bamus," tutunya. 


Dalam acara tersebut yang hadir dari tokoh masyarakat, ninik mamak, tokoh cadiak pandai, bundo kandung, tokoh pemuda, ketua KAN Nagari Kinali, Babinkamtibmas, Camat Kinali serta lainnya. (Safnil)