Pandemi Covid-19 Berdampak pada Seluruh Sektor -->

IKLAN-UT-TAYANG-16-NOVEMBER-2020

iklan halaman depan

Pandemi Covid-19 Berdampak pada Seluruh Sektor

Senin, 19 Oktober 2020

.


Padang, fajarsumbar.com - Pandemi Covid-19 bukan hanya berdampak bagi kesehatan, tetapi juga berdampak pada hampir seluruh sektor dalam sistem kehidupan masyarakat. 


Salah satu sektor strategis yang paling terdampak adalah ketahanan pangan yang berperan penting bagi kehidupan masyarakat. Kondisi saat semua orang memiliki akses fisik dan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi makanan yang aman dan bergizi, serta dengan jumlah yang cukup demi menjalani hidup sehat dan aktif.


Ha itu diakui Kepala Dinas Pangan Sumbar, Efendi, Senin (19/10/2020). "Adapun permasalahan yang kerap terjadi pada sektor ketahanan pangan ini adalah berkurangnya produksi yang menjadi rantai pasok pangan," ujarnya.


Pemerintah provinsi terus aktif untuk berperan menjaga ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19. Lebih-lebih dalam pemanfaatan lahan, termasuk mencegah alih fungsi lahan produktif. Selain itu, Pemda juga perlu memetakan daerah rawan pangan, sekaligus mengantisipasi dampak Covid-19 yang terjadi di sana.


Beberapa upaya yang dilakukan antara lain dengan memanfaatkan lahan tak produktif menjadi lahan produktif, kemudian bekerjasama dengan daerah lain dan Pemerintah Pusat untuk memastikan rantai distribusi yang lancar dengan penguatan cadangan dan sistem logistik pangan. 


Selain itu, Pemda juga perlu menjaga stabilitas harga pangan di daerah dengan memastikan diversifikasi pangan di daerah yang selama ini didominasi beras. (hms-pemprov/ab)