Penampilkan Anak Didik Sanggar Sumarak Alam Minangkabau Kampung Hilalang Pukau Penonton -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Penampilkan Anak Didik Sanggar Sumarak Alam Minangkabau Kampung Hilalang Pukau Penonton

Sabtu, 10 Oktober 2020
Kepala Dinas Sosial Kota Padang yang diwakili Sekretaris Yoserizal di sambut dengan tari gelombang pada pentas seni yang diadakan di Kampung Hilalang Banda Buek Jumat (9/10). (sepri andy)


Padang, fajarsumbar.com - Penampilan anak didik Sanggar Sumarak Alam Minangkabau Kampung Hilalang Banda Buek, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) memukau penonton, Jumat (9/10/2020).


Pentas seni dengan teman “Kita Tingkatkan Kearifan Lokal dalam Pencegahan Konflik Sosial dan Penyebaran dan Paham Radikal dengan Pementasan Seni  Tradisional" tersebut dapat apresiasi dari semua pihak.


Acara yang dihadiri, Jajaran Dinas Sosial Kota Padang, Lurah Banda Buek, pendamping Forum Keserasian Sosial Padang, Danramil, bundo kanduang, dan para undangan lainnya. 


Pentas seni ini memperlihatkan perkembangan serta kemajuan dari sanggar Sumarak Alam Minangkabau setelah mendapat dukungan berupa bantuan kearifan lokal dari Kementerian Sosial RI.


Menurut Pimpinan Sanggar Mukhna Eriva, keberadaan Sanggar Sumarak Alam Minangkabau di Banda Buek ini sangat besar dampaknya terhadap generasi muda, di antaranya adalah mereka dapat menyalurkan bakat mereka pada sanggar dengan memepelajari seni tradisional.


“Seperti kita ketahui juga, seni tradisional sudah merupakan suatu hal yang asing bagi generasi muda pada saat ini, dan disinilah peran kita untuk memperkenalkan seni budaya daerah  yang sebenarnya kepada mereka,” jelas Mukhna  Eriva.


Semenara itu Lurah Banda Buek Sri Utari bersyukur sekali dengan adanya Sanggar Sumarak Alam Mianangkabau ini, semenjak didikannya sanggar ini telah mengangkat nama Banda Buek di pentas seni tradisional baik Kota hingga Kabupaten. Harapan ke depan nanti keberadaan sanggar mampu meredam kenakalan remaja yang saat dewasa ini seing terjadi.


Kepala Dinas Sosial Kota Padang yang diwakili Sekretaris Yoserizal mengatakan sangat bangga sekali dengan Sanggar Sumarak Alam Minangkabau ini, dan memberikan apresiasi  dengan apa yang diperlihatkan dalam suatu pentas seni berupa kesenian randai  yang sungguh memukau.


"Saya pribadi mengatakan generasi muda yang di didik di sanggar ini mempunyai IQ di atas rata-rata, karena tidak mudah untuk menyatukan gerak dan tidak mudah untuk menghafal dialog, hal itu hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki IQ yang mumpuni adanya," ujar Yoserizal dengan bangga.(andy)