Peternak Kambing Terbantu Dengan Kehadiran Satgas TMMD Kodim Kendal -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Peternak Kambing Terbantu Dengan Kehadiran Satgas TMMD Kodim Kendal

Rabu, 14 Oktober 2020

 


 
KENDAL- Satgas TMMD reguler ke 109 Kodim 0715/Kendal tidak menyia-nyiakan waktu luangnya yang sebentar lagi sudah purna tugas melaksanakan TMMD, dengan berbagi ilmu kepada peternak kambing untuk membuat pupuk organik dari kotoran kambing di Desa Sendang kulon Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal.
 
Para peternak kambing di Sendang Kulon merasa terbantu dengan kehadiran para TNI anggota Satgas, dan mau mengajari banyak ilmu, salah satunya cara membuat pupuk organik dari kotoran kambing. ‘’Tentu nantinya dapat menjadi nilai jual untuk menambah pendapatan keluarga,’’ ungkap Suroso, salah satu peternak kambing di Desa Sendang Kulon.
 
Salah satu anggota Satgas TMMD Kodim Kendal,  Serda Juwanto mengungkapkan, keterampilan peternak tentang pembuatan pupuk organik dari kotoran kambing belum banyak yang tau cara pembuatannya.
 
Seperti keterampilan dalam prosedur pembuatan pupuk organik itu sendiri, dimulai pada tahap persiapan, pencampuran dan pengemasan. ‘’Kualitas pupuk organik  tidak bau meski dari kotoran kambing. Fungsinya juga cukup bagus, karena banyak mengandung unsur hara yang dibutuhkan bagi tanaman’’ terang Serda Juwanto.
 
Sementara itu, Wardoyo, salah satu warga Sendang Kulon menuturkan, biasanya warga membawa langsung kotoran kambing dari kandang ke kebun ataupun sawah untuk memupuk tanaman dan hasilnya juga kurang maksimal.
 
‘’Memang secara umum tingkat keterampilan peternak tentang pembuatan pupuk belum banyak yang tau padahal sangat mudah cara pembuatannya,’’ tutur Wardoyo.
 
Untuk itu, menyusul  di Desa Sendang kulon banyak peternak kambing rumahan dan sudah puluhan tahun, i nantinya kalau mau mengembangkan pupuk organik dari kotoran kambing itu sebagai usaha tidak akan kesulitan mencari bahan baku,’’ imbuh Wardoyo.  (Pendim 0715/Kendal)