Satgas TMMD 109 Karanganyar Siapkan Benih Empon Empon untuk Ditanam di Jatiwarno -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Satgas TMMD 109 Karanganyar Siapkan Benih Empon Empon untuk Ditanam di Jatiwarno

Jumat, 09 Oktober 2020

 

KARANGANYAR - Anggota Satgas TMMD Reguler Ke-109 Kodim 0727/Karanganyar, Pratu Firman dan Prada Gunawan tampak sibuk dengan aktifitas penyiapan penaburan benih empon empon di Dusun Klumpit, Desa Jatiwarno, Kecamatan Jatipuro, Kabupaten Karanganyar.
 
Menurut Pratu Gunawan, anggota Satgas TMMD Reguler Ke-109 Kodim 0727/Karanganyar, empon-empon merupakan golongan tanaman yang dapat membentuk simpanan senyawa.
 
“Golongan empon-empon itu sendiri biasanya tanaman yang memiliki rhizoma seperti jahe, serai, temulawak, temu putih, kencur, kunyit, lengkuas, jahe merah dan semacamnya", tuturnya
 
Sementara itu, Danki Satgas TMMD Reguler Ke-109 Kodim 0727/Karanganyar, Kapten Inf Supardi menambahkan, tanaman yang termasuk empon-empon umumnya adalah tanaman yang biasa dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional dan bumbu-bumbu masakan.
 
“Seiring kemajuan zaman, penggunaan empon-empon meluas, antara lain sebagai bahan baku obat-obatan dan jamu, bumbu masak, industri makanan dan minuman ramuan tradisional, perawatan tubuh, kosmetik untuk perawatan kecantikan,”pungkasnya. (DK)