Sering Meluap, Sungai Batang Bangko Dibersihkan Tim Gabungan -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Sering Meluap, Sungai Batang Bangko Dibersihkan Tim Gabungan

Minggu, 18 Oktober 2020
Tim gabungan susur sungai BPBD Solok Selatan, sedang berjibaku membersihkan kayu kayu besar yabg ada didalam sungai.


Solsel, fajarsumbar.com -- Hari kedua, Minggu 18/10, sebanyak lebih kurang 60 orang personil gabungan yang tergabung dalam tim susur sungai Ulu Batang Bangko, Nagari Pekonina, kecamatan Pauh Duo, Solok Selatan, (Sumbar) telah memasuki hutan belantara menuju sasaran langsung melakukan aktifitas pembersihan.


Hasil laporan media fajarsumbar.com yang ikut dalam rombongan tim gabungan susur sungai BPBD Solok Selatan melaporkan, pada hari Minggu itu, tim yang terdiri dari empat tim sudah dibagi tugas, masing masing tim harus mendirikan posko dipinggir sungai Batang Bangko, masing masing tim berjarak lebih kurang empat kilometer per tim.


Tim yang sudah dikomandoi oleh pasukan TNI itu melakukan aktifitas disepanjang aliran sungai Batang Bangko, membersihkan semua bekas kayi kayu besar yang menghambat lajunya air sungai dan membersihkan sampah sampah dipinggir sungai yang sudah menyempit.


Sebelum melakukan aktifitas masing masing tim melakukan apel pagi dipimpin oleh komandan tim masing masing, dalam kegiatan ini panitia tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan memakai masker.


Pada hari kedua itu, masing masing tim dengan menggunakan peralatan cinsaw dan parang lainnya, telah selesai membersihkan puluhan batang kayu kayu besar bekas galodo yang membentang didalam sungai sungai Batang Bangko.


Kepala Kalaksa BPBD Solok Selatan dilokasi mengatakan, terimakasih kepada semua tim dan BPBD Provinsi, TNKS dan lainya yang telah berhasil melaksanakan kegiatan bersih bersih sungai Batang Bangko ini, jika dilihat dari hasil pantauan dilokasi memang banyak kayu kayu bekas banjir yang membelintangi sungai, dan kayu kayu itu selalu menahan debit air membuat air sedikit bertumpuk dan ini sudah dibersihkan oleh tim gabungan.


jika terjadi hujan lebat inilah yang mengakibatkan banjir secara mendadak memasuki daerah Pauh Duo dan Sungai Pagu, berharap dengan kegiatan ini sedikut mengurangi resiko banjir.


Dengan adanya aktifitas bersih bersih sungai ini, setidaknya akan membantu warga dari kecemasan terhadap datangnya banjir," harap Kalak. (Abg)