Sijunjung Raih Penghargaan Program Kampung Iklim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Sijunjung Raih Penghargaan Program Kampung Iklim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Sabtu, 24 Oktober 2020

Riky Mainaldi.M.Si.


Sijunjung, fajarsumbar.comKabupaten Sijunjung mendapatkan penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) tahun 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Jumat (23/10/2020). Penyerahan apresiasi pembinaan Proklim digelar secara virtual yang  bertempat di Operation Room Kantor Bupati. 


Mengingat kondisi pandemi Covid-19 maka penyerahan penghargaan dilakukan secara virtual. Ditingkat kabupaten akan diterima oleh Bupati Sijunjung, 


Program Kampung Iklim (ProKlim) adalah program berlingkup nasional yang dikembangkan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim.


Hal ini tentu tidak lepas dari upaya yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Sijunjung melalui Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Sijunjung yang di kepalai Riky Mainaldi.M.Si 


Dalam kesempatan tersebut menurut Riky Mainaldi.M.Si ke fajarsumbar.com mengatakan program ini dalam rangka pencegahan dan menjaga terjadinya dampak buruk dari perubahan iklim daerah yang diakibatkan dari berbagai faktor yang merusak lingkungan,  tentunya.


Selain itu, Program Kampung Iklim dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai perubahan iklim dan dampak yang ditimbulkannya sehingga seluruh pihak terdorong untuk melaksanakan aksi nyata yang dapat memperkuat ketahanan masyarakat menghadapi perubahan iklim serta memberikan kontribusi terhadap upaya pengurangan emisi GRK.


Hal lain yang diharapkan dapat tercapai melalui pelaksanaan ProKlim Menumbuhkan kemandirian masyarakat dalam melaksanakan adaptasi perubahan iklim, termasuk menjaga nilai-nilai kearifan tradisional atau lokal yang dapat mendukung upaya penanganan perubahan iklim dan pengendalian kerusakan lingkungan secara umum, jelasnya.


Adapun Nagari yang menerima penghargaan bergengsi tersebut Jorong Bukit Buar, Nagari Paru, Kecamatan Sijunjung yang terpilih sebagai daerah terbaik dalam pengelolaan Proklim mewakili Kabupaten Sijunjung dan Provinsi Sumbar, dengan menerima penghargaan berupa thropy, sertifikat dan insentif.


Selain Nagari Paru, Nagari Kumanis dan Nagari Guguak juga masuk kategori mendapat penghargaan Proklim utama, dengan menerima sertifikat. Pada tahun 2020 ini, tiga Nagari di Kabupaten Sijunjung mendapat penghargaan Porklim dari kementerian tersebut. (def)