Stroke Terlambat Pertolongan akan Menimbulkan Cacat Permanen -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Stroke Terlambat Pertolongan akan Menimbulkan Cacat Permanen

Minggu, 18 Oktober 2020

Ka Hukormas  RSSN Bukittinggi Anferi Devitra SKM. MARS



Bukittinggi, fajarsumbar.com - Mengingatkan kepada masyarakat, bahwa penyakit stroke menyerang saraf otak manusia, kalau terjadi pada keluarga cepat bawa ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan pertama dan usahakan jangan lebih 4,5 jam.


Hal ini disampaikan Ka Hukormas Anferi Devitra SKM. MARS kepada fajarsumbar.com di ruangannya RSSN, Bukittinggi Sabtu (16/10/2020). 


Menurut Davit, Rumah Sakit Stoke Nasional ini bukan khusus melayani penyakit strok saja, namun juga pelayanan penyakit dalam, jantung, mata, bedah saraf, spesialis anak, kebidanan dan Ketlet (tidakan interpensi terhadap pembuluh darah) kalau ada pembuluh darah dijantung dipasang cicin.


Terjadi penyumbatan pembuluh darah keotak, penyebab strok kerena  berkurangnya aliran darah ke otak, sehingga mengakibatkan kekeringan dan matinya jaringan saraf di otak. 


Otak adalah pusat jaringan syaraf, kalau syaraf tangan kiri yang mati maka terjadi kelumpuhan ditangan kiri, kalau syaraf lidah yang kena, maka lidah tidak berfungsi begitu juga terhadap syaraf pada kaki, maka terjadi kelumpuhan di kaki.


Lebih lanjut kata Davit, diumpakannya otak itu ibarat sawah, kalau terjadi kekeringan tamanan akan mati, kalau sudah mati tidak dapat hidup lagi. Begitu juga dengan otak, kalau sudah mati tidak bisa hidup lagi (permanen).


Itulah  dengan stroke, akibat kekurangan darah keotak, dan matinya syaraf dapat menimbulkan cacat  permanen. 


Nah di sini perlu diketahui masyarakat kalau orang terkena gejala sakit stroke terlambat mendapat pertolongan, akan menimbulkan cacat seumur hidup, akan sulit sembuh seperti semula.


Sekarang pertanyaannya bagaimana penanganannya terhadap kejala stroke, metode trombolisis diberikan obat Fibrimolytic  yang berfungsi mencairkan fibrin yang terbentuk pada serangan stroke iskemit akut sehingga aliran darah dapat berfungsi kembali, dan diberikan kepada pasien dengan waktu  dibawah 4 5 jam.


Pasien ini diawasi dengan ketat di ruang ICU, HCU selama 24 jam. Trombolysis dilakukan untuk menghancurkan sumbatan pembuluh darah khusus terhadap pasien stroke,  ungkapnya.


Ditambahkan Davit, agar masyarakat memahami penangan stroke  segera dibawa ke Rumah Sakit. “Kalau terlambat penaganannya akan berakibat stroke permanen” , penyakit stroke akibat tersumbatnya aliran darah ke otak sehingga mengalami kekeringan menyebabkan matinya saraf dan terjadi kelumpuhan tergantung saraf mana yang mati," ungkapnya.


Penyebab dari terjadinya terserang stroke akibat pola makan yang tidak berubah, karena semakin bertambah umur semakin menumpuk lemak diusus dan pembuluh darah.


"Ini yang tidak disadari masyarakat, untuk itu mari “Kita merubah pola makan, jangan lagi terlalu banyak makan yang berlemak”, ungkapnya.(gus)