Tanaman Porang Prospek Sangat Menjanjikan -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Tanaman Porang Prospek Sangat Menjanjikan

Senin, 26 Oktober 2020

.

Padang, fajarsumbar.com - Porang menjadi primadona bisnis prospek yang menjanjikan, karena banyak manfaatnya untuk kesehatan dan industri, sehingga produksi tanaman tersebut sedang digalakkan dari berbagai daerah termasuk di Sumatera Barat (Sumbar).


Hal itu dikatakan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikulutra dan Perkebunan Sumbar, Syafrizal kepada fajarsumbar.com, Senin (26/10/2020). "Tanaman porang tersebut prospek yang menjanjikan, kini sedang digalakkan penamannya di berbagai daerah termasuk di Sumbar," ujarnya.


Menurutnya, tanaman porang itu memiliki ciri-ciri yang sangat jelas sekali berbeda dengan tumbuhan umbi lainnya. Tumbuhan herbal ini memiliki batang yang tegak dan lunak. 


Tumbuhan ini memiliki batang halus berwarna, seperti hijau atau hitam. Di batang halus itu juga terdapat totol-totol putih. Di Indonesia sendiri tanaman porang ini memiliki nama-nama yang berbeda yang disesuaikan dengan daerah asalnya.


Menurutnya, tanaman berjenis umbi-umbian itu ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan industri. Oleh sebab itu, produksi porang sedang digalakkan agar mampu memberikan stok yang cukup untuk permintaan porang dari berbagai daerah. 


Sebenarnya porang dapat tumbuh di jenis tanah apa saja. Tapi porang akan tumbuh dengan baik di tanah yang memiliki naungan. Contohnya ialah dibawah pohon jati, mahoni dan sengon.


Ada beberapa teknik yang bisa dipakai untuk membuat bibit porang. Teknik budidaya porang yang pertama bisa dengan menggunakan biji. Perlu diketahui bahwa porang akan berbunga pada periode 4 tahun. Bunga tersebut akan berubah menjadi buah dan kemudian menghasilkan biji yang baik dikembangbiakan pada musim hujan.


Teknik yang kedua ialah dengan bintik yang ada di antara batang dan cabang porang. Bintil yang dipanen ternyata bisa disimpan dan ditanam kembali sebagai bibit porang. Teknik yang ketiga yaitu dengan menggunakan umbi. Umbi porang yang dipanen, dapat ditanam kembali. Umbi ini menggunakan cara tanam di lahan pertanian.(hms-pemprov/ab)