TMMD Kelar Sejumlah Pembangunan Mulai Dimanfaatkan Oleh Warga Kalinusu Brebes -->

IKLAN-UT-TAYANG-16-NOVEMBER-2020

iklan halaman depan

TMMD Kelar Sejumlah Pembangunan Mulai Dimanfaatkan Oleh Warga Kalinusu Brebes

Selasa, 20 Oktober 2020

 


Brebes, fajarsumbar.com – Berbagai apresiasi terus diberikan masyarakat, mengingat pembangunan yang dilakukan oleh satgas TMMD reguler ke 109 di desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dengan membuat jalan sepanjang 2,2 kilometer menjadi akses baru untuk mendukung  aktivitas warga  Kedung Kandri yang selama ini sulit mendapat akses ke luar daerah.


Untung adalah salah satu contoh dari warga desa Kalinusu yang sekarang  merasakan dampak positif dari pembangunan TMMD yang dilaksanakan oleh Kodim 0713/Brebes. Dia adalah penjual kue keliling yang sudah berjualan sejak belasan tahun silam.


Ia menceritakan, sebelumnya jika berjualan kue ke dusun Kedung Kandri harus memutar terlebih dahulu, karena tidak ada jalan alternatif. Namun sekarang ia senang karena sudah ada jalan baru sebagai jalan utama di dusunnya.


“Seperti inilah pekerjaan saya sehari-hari dengan berjualan kue, saya berjualan dari dusun ke dusun. Saya senang sekarang ada jalan baru sehingga lebih mudah dalam menjajakan dagangan saya”. Kata Untung sambil tersenyum.


Dirinya juga mengapresiasi program TMMD  karena merubah akses yang sulit menjadi mudah untuk seluruh profesi di Kedung Kandri, dan juga yang berkepentingan desa tersebut.


Sejauh ini pelaksanaan TMMD Kalinusu sudah mencapai 100 persen. Dan dari data yang ada kesemuanya sasaran fisik yakni gorong-gorong, jalan usaha tani, rtlh, talud dan plat duiker sudah rampung semua.


Biaya yang digelontorkan dalam TMMD mencapai 1,09 miliar dengan bersumber dari APBD provinsi, pemkab dan dari TNI AD.


Program TMMD sendiri dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sampai di pelosok desa dengan sasaran fisik dan non fisik sesuai dengan kondisi wilayah masing - masing. (Rus)