Warga Kalinusu Bumiayu Diajak DLHPS Brebes Untuk Mengolah Sampah Plastik -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Warga Kalinusu Bumiayu Diajak DLHPS Brebes Untuk Mengolah Sampah Plastik

Sabtu, 10 Oktober 2020

 


Brebes, fajarsumbar.com - Satu lagi edukasi positif di kegiatan non fisik TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, yang didapatkan masyarakat Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, adalah tentang pengolahan sampah plastik yang diberikan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) Kabupaten Brebes. Kamis (8/10/2020).

Di acara yang berlangsung di Aula Balai Desa Kalinusu itu, Agus Kholik, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) DLHPS Kabupaten Brebes itu, mengajak warga Kalinusu untuk memberdayakan limbah plastik dengan kreatif sehingga menjadi barang-barang kerajinan yang bernilai ekonomis atau mendatangkan rupiah.

“Dengan motivasi ini maka diharapkan warga Desa Kalinusu khususnya, mendapatkan tambahan ekonomi dari mengolah botol-botol plastik atau sampah plastik lainnya menjadi hiasan ruang tamu, perkantoran, dan lain-lain,” ujarnya.

Sementara itu Puput (18), salah satu anggota Pramuka dari Saka Wira Kartika, Koramil 11 Paguyangan, Kodim Brebes, yang ikut dalam acara tersebut juga berharap agar warga Desa Kalinusu mau menerapkan arahan dari pemateri, sehingga selain mendatangkan rupiah juga dapat mengurangi pencemaran lingkungan dari limbah plastik.

“Jika masyarakat Kalinusu banyak yang sadar lingkungan untuk mengolah limbah plastik, maka sampah plastik perlahan akan punah karena banyak pahlawan lingkungan,” ujarnya mengapresiasi.

Puput juga mengapresiasi upaya Kodim Brebes dan pihak desa setempat untuk menghadirkan para pemuda untuk mengikuti kegiatan itu, karena potensi para pemuda adalah kunci dari upaya tersebut. (Dar/Aan)