Warga Kedung Kandri Brebes Penuh Haru Sambut Kasdam IV Diponegoro -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Warga Kedung Kandri Brebes Penuh Haru Sambut Kasdam IV Diponegoro

Rabu, 14 Oktober 2020


Brebes, fajarsumbar.com – Dusun Kedung Kandri, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, kini sudah bisa ditembus dengan menggunakan segala jenis kendaraan bermotor dari Dusun Karanganyar, Kalinusu, dengan melawati jalan yang dibangun melalui TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, sepanjang 2,2 kilometer.


Walaupun jalan masih terus diperkeras, namun mobil juga telah mulus melewati jalan hasil gotong rotong antara Pemerintah Daerah, TNI-Polri, segenap Ormas di Kecamatan Bumiayu, dan juga warga Kalinusu.


Seluruh penghuni Dusun Kedung Kandri yang sudah 75 tahun terisolir, kini dimerdekakan melalui pembangunan akses jalan selebar 4-6 meter itu.


Diantara warga Kedung Kandri yang terharu dan menyatakan terima kasih atas program dari TNI untuk membantu Pemerintah Daerah itu, adalah Ida (30) jilbab krem, dan juga Suiroh (47) jilbab merah.


“Kami mewakili seluruh warga Dusun Kedung Kandri hanya bisa mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah, TNI, Polisi, dan seluruh pihak yang telah peduli dan membebaskan kami dari keterisoliran,” ungkap Ida menyambut kedatangan Kepala Staf Kodam (Kasdam) IV Diponegoro, Brigjen TNI Widi Prasetijono, untuk mengecek pekerjaan jalan beserta sarana pendukungnya (talud, 3 plat duiker, dan sebuah gorong-gorong). Selasa (13/10/2020).


Sementara itu dijelaskan Kepala Desa Kalinusu, Wasid (44), bahwa sebelum adanya jalan TMMD itu, warga di Kedung Kandri harus harus menyeberangi Kali Pemali dengan perahu untuk menuju ke fasilitas pendidikan, kesehatan, dan ke pasar terdekat di wilayah desa/kecamatan tetangganya, yaitu Kecamatan Bantarkawung.


Mereka juga merogoh kocek sebesar seribu rupiah per kepala, Rp. 2 ribu per sepeda kayuh, dan Rp. 5 ribu untuk setiap satu sepeda motor. Sementara jika akan ke desanya Kalinusu, setelah menyeberang Kali Pemali, harus melanjutkan perjalanan sejauh 8 kilometer lebih (45 menit lebih), dengan melewati sejumlah desa di wilayah kecamatan tetangganya itu, kemudian ke wilayah Kecamatan Bumiayu, hingga akhirnya sampai tujuan.


Untuk itulah, mewakili seluruh warga Dusun Kedung Kandri khususnya, dan warga Desa Kalinusu yang juga akan dimudahkan dalam pertaniannya, mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak yang disebutkan salah satu warganya itu.


Termasuk para pendamping Brigjen TNI Widi Prasetijono, yang meliputi Danrem 071 Wijayakusuma Kolonel Infanteri Dwi Lagan Syafrudin, S.I.P, Kadispermades Brebes Subagiyo, S.I.P mewakili Bupati, Waaster Kasdam IV Diponegoro Letkol Kavaleri Henry RJ. Napitupulu, Dansatgas TMMD Reguler 109 Brebes Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan, Sekcam Bumiayu M. Faizin mewakili Camat, Danramil 08 Bumiayu Kapten Armed Jupriadi, dan juga Kapolsek Bumiayu AKP Heri Riyanto. (Aan)