Zigo Rolanda: Pembukaan Jalan Kambang Muaralabuh Harus Kita Tuntaskan Tergantung Kekompakan Ninik Mamak -->

IKLAN-UT-TAYANG-16-NOVEMBER-2020

iklan halaman depan

Zigo Rolanda: Pembukaan Jalan Kambang Muaralabuh Harus Kita Tuntaskan Tergantung Kekompakan Ninik Mamak

Rabu, 21 Oktober 2020
Ketua ketua KAN Alam Surambi Sungai Pagu saat berada didalam ruang kerja ketua DPRD Solsel dua hari lalu (Abg)


Solsel, fajarsumbar.com - Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda didatangi sejumlah petinggi petinggi adat Alam Surambi Sungai Pagu.


Kedatangan orang orang nomor satu di Kerapatan Adat Nagari KAN itu guna mendiskusikan kelanjutan pembukaan jalan Kambang Muaralabuh yang tertunda selama berpuluh tahun.


Ikut dalam diskusi dengan  ninik mamak alam surambi sungai pagu, ketua KAN  pasir talang, ketua KAN Pakan Rabaa, ketua KAN Koto Baru, dan Ketua KAN Pauh Duo, terkait lanjutan jalan Kambang - M. labuh, Minggu (19/10) kemaren," kata Zigo Roland, saat dikonfirmasi fajarsumbar.com, Selasa (20/10) dikantornya.


Untuk jalan kambang - M.labuh kami DPRD akan mendukung secara total agar cita2 para perintis  akses (jalan penghubung) yg penuh histori adat (kekerabatan) antara kita kabupaten solok selatan dengan saudara kita di kabupaten pesisir selatan dapat terwujud.


Sedikit kita melihat sejarah berdasarkan kekerabatan masyarakat Alam Surambi Sungai Pagu ( Solok Selatan ) dengan masyarakat Banda Sapuluh (Pessel) merupakan satu kesatuan masyarakat yang berasal dari perjalanan nenek moyang kita dahulunya dari alam surambi sungai pagu ke bandar sepuluh dalam rangka pengembangan wilayah serta kebutuhan ekonomi berupa perdagangan hasil pertanian yang di perdagangkan ke daerah Kabupaten Pesisir Selatan itu.


Kedepan hal ini harus selalu kita lakukan,dimana pemerintah harus menggandeng ninik mamak, ninik mamak merupakan tokoh penting dalam hal pemekaran Solok Selatan 16 tahun silam. Pemerintah harus melibatkan peran ninik mamak agar terciptanya Good Governance dan Clean Governance," ajak Zigo. (Abg)