300 UKM Kelurahan Mangis Diusulkan Penerima Bantuan Dana Hibah Rp2,4 Juta -->

IKLAN-UT-TAYANG-16-NOVEMBER-2020

iklan halaman depan

300 UKM Kelurahan Mangis Diusulkan Penerima Bantuan Dana Hibah Rp2,4 Juta

Selasa, 17 November 2020
Sekretaris Lurah Manggis Ganting Yedri S.Sos


Bukittinggi fajarsumbar.com - Untuk mendapatkan modal dari pemerintah pusat, lebih kurang 300 usaha kecil dan menengah (UKM) di Kelurahan Manggis Ganting, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan surat permohonannya telah diserahkan ke Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Bukittinggi.


Permohonan untuk mendapatkan dana hibah dari pemerintah pusat sebesar Rp2,4 juta tersebut diperuntukan kepada UKM yang terdampak akibat pandemi Covid-19. 


"Lebih kurang 300 UKM di Kelurahan Manggis, permohonannya telah kami serahkan kepada Dinas Koperasi dan UKM dan Perdagangan," ujar Lurah Manggis Ganting yang diwakili Sekretaris Lurah, Yedri, S.Sos, kepada fajarsumbar.com di ruang kerjanya, Selasa (17/11/2020).


Menurutnya di kelurahan tersebut, pada umumnya masyarakat berprofesi berdagang baik langsung ke pasar maupun yang memproduksi di rumah. Seperti keripik sanjai, kipang kacang dan banyak lagi makanan kecil lainnya. Namun banyak juga warung, baik warung PMD maupun warung makan.


Dengan datangnya wabah Covid-19, warga disini banyak yang terkena dampaknya, penjualan mengalami penurunan yang cukup tajam, disebabkan orang tidak banyak lagi yang berkunjung ke kota wisata ini.


Masih dalam kondisi sulit, mereka mendapat bantuan sembako dari pemerintah. Sekarang kondisi Kota Bukittinggi sudah mulai membaik, yang membuat perekonomian mulai menggeliat, termasuk UKM mulai bangkit,ujarnya.


Lebih lanjut kata Yedri, kebangkitan ekonomi para UKM ini tentu memerlukan tambahan modal usaha. Dengan adanya bantuan Pemerintah Pusat dengan dana hibah Rp2,4 juta ini, sangatlah diharapkan para UKM.


Namun sebahagian dari UKM ini tidak memiliki salah satu syarat administrasi, seperti Surat Izin Usaha yang dikeluarkan oleh kecamatan. Untuk Kelurahan Manggis Ganting permohonan tahap 1, 2 dan 3 telah menyelesaikan lebihkurang 300 UKM.


Semua berkas permohonan ini telah diserahkan ke Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, selanjutnya dikirim ke pusat. Mengenai lolos atau tidaknya permohonan, semuanya adalah wewenang Jakarta.


"Kami tidak tahu, siapa saja UKM yang berhasil mendapatkan dana hibah, sebab dana hibah Rp2,4 juta ini langsung masuk ke rekening yang pemohon," ungkapnya.(gus)