Ada 10 Orang yang Diamankan Dalam OTT Walikota Cimahi -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Ada 10 Orang yang Diamankan Dalam OTT Walikota Cimahi

Sabtu, 28 November 2020

radarcirebon.com


Cimahi, fajarsumbar.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan 10 orang dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) Walikota Cimahi, Jawa Barat (Jabar), Jumat (27/11/2020).


"Telah mengamankan sekitar sepuluh orang di wilayah Bandung, Jawa Barat," ucap Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri.


OTT tersebut dilakukan KPK pukul 10.40 WIB. Di dalam 10 orang tersebut, termasuk Wali Kota Cimahi Ajay dan beberapa pejabat Pemkot Cimahi lainnya.


"Termasuk di antaranya adalah Walikota Cimahi, pejabat Pemkot Cimahi dan beberapa orang unsur swasta," tuturnya.


Ali mengatakan kasus ini berkaitan dengan pengurusan izin pembangunan rumah sakit di Cimahi. Dalam OTT ini, KPK juga turut mengamankan uang yang totalnya Rp425 juta.


"Turut diamankan dalam kegiatan tangkap tangan ini uang dalam pecahan rupiah setidaknya sekitar Rp425 juta dan dokumen keuangan dari pihak RS," kata dia.


KPK saat ini tengah melakukan penyelidikan secara intensif. Penyidik tengah melakukan pemeriksaan terhadap orang-orang yang diamankan.


"KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan sikap terhadap status para pihak terperiksa," katanya sebagaimana dikutip detikcom.


Sebelumnya, Ajay di-OTT KPK penangkapan itu terhadap Ajay berlangsung pukul 10.30 WIB, Jumat (27/11/2020). "Benar," kata Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron.


Dia terlibat dugaan transaksi suap. Informasinya, penangkapan itu diduga terkait kasus perizinan pengembangan RS Kasih Bunda Cimahi.


Selain itu, KPK menduga ada penerimaan uang lebih dari Rp400 juta. Uang itu diduga merupakan bagian dari commitment fee sekitar Rp3 miliar.


"Untuk sementara Rp400-an juta dari kesepakatan Rp3 miliar," ujar sumber itu.(*)