Angin Puting Beliung dan Sejumlah Titik di Kota Sawahlunto Longsor -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Angin Puting Beliung dan Sejumlah Titik di Kota Sawahlunto Longsor

Rabu, 25 November 2020
Jalan amblas akibat cuaca ekstrim di Desa Talago Gunung, Kota Sawahlunto.



Sawahlunto, fajarsumbar.com - Memasuki musim hujan di bulan November dengan intensitas hujan lebat dan angin puting beliung membuat sejumlah titik di Kota Sawahlunto mengalami longsor hingga kayu tumbang yang menimpa rumah-rumah penduduk.


Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sawahlunto Adri Yusman mengatakan bahwa terdapat sejumlah titik bencana longsor dan kayu tumbang.


"Hujan lebat semalam terdapat jalan longsor di daerah Desa Balai Batu Sandaran (BBS) dan Desa Lumindai. Sedangkan dalam beberapa hari terakhir juga terdapat penanganan bencana disejumlah titik," sebut Kalaksa, Rabu (25/11/2020).


Menurut laporan petugas BPBD di lapangan, terdapat kejadian bencana kayu tumbang yang menghambat akses jalan sebanyak 3 titik. Untuk kejadian angin puting beliung yang merusak rumah warga sebanyak 9 rumah. Badan jalan longsor di Dusun Koto, Desa Talago Gunung dan Desa BBS.


Adri Yusman mengatakan saat ini pihaknya telah melakukan pembersihan jalan dan kayu tumbang. Sedangkan untuk antisipasi awal pihaknya menutup tebing yang berpotensi longsor dengan terpal dan juga memberikan bantuan terpal kepada masyarakat untuk antisipasi.


"Dengan kondisi cuaca yang memasuki puncak musim penghujan, kita minta kepada masyarakat agar tetap waspada terutama di daerah yang rawan bencana sekitar perbukitan atau daerah dengan kemiringan yang ekstrim. Kemudian saluran-saluran air yang tersumbat agar dapat dibersihkan dengan bergotong royong," imbau kepada masyarakat.


Berdasarkan pantauan lapangan, tim tangguh BPBD Kota Sawahlunto, Babinsa, Bhabinkamtibmas dibantu masyarakat masih terus berjibaku membersihkan jalan, material kayu tumbang hingga membuka akses jalan akibat tanah longsor agar dapat dilalui oleh kendaraan. (ton)