Aplikasi SAMPAN Beri Informasi Gempa Berpotensi Tsunami -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Aplikasi SAMPAN Beri Informasi Gempa Berpotensi Tsunami

Kamis, 26 November 2020
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pariaman Hendri memberikan pengarahan tentang aplikasi SAMPAN. (Foto.dok)


Pariaman, fajarsumbar.com - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Pariaman Hendri membuka kegiatan Sosialisasi Aplikasi Sitem Aplikasi Mitigasi Pengaduan Kedaruratan (SAMPAN) di Ruang Rapat Sekdako Pariaman, Kamis (26/11/20).


Hendri menyebutkan aplikasi Sampan yang dibuat merupakan bagian dari Kota Pariaman sebagai kota cerdas atau smart city. Hal itu telah dicanangkan Pemerintah Pusat dengan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), sehingga semua pelayanan dan informasi menggunakan teknologi informasi.


"Kota Pariaman termasuk melaksanakan smart city dan merupakan salah satu daerah rawan bencana, maka diperlukan Aplikasi SAMPAN. Hal itu merupakan media informasi untuk menyelamatkan nyawa warga serta menimalisir dampak dari terjadinya bencana tersebut," ujar mantan Kabag Humas itu.


Berkenaan bencana, kata dia, tidak bisa diprediksi.Tetapi bagaimana meminimalisir bencana, sehingga perlu adanya teknologi peringatan dini untuk masyarakat bila terjadi bencana.


Akhir-akhir ini sudah banyak terjadinya bencana. Dan Kota Pariaman masuk pada zona megathrust yang bisa mengancam seketika. Maka melalui aplikasi ini, mencoba memberikan panduan ketika terjadi bencana dilengkapi langkah-langkah yang akan dilakukan.


“Kondisi darurat akan dapat diantisipasi dengan aplikasi Sampan. Yakni gempa bumi, tsunami, banjir, covid, kebakaran, tanah longsor, kriminal, darurat kesehatan, pelanggaran Perda dan tindakan asusila," tegas Hendri.


Menurutnya, Aplikasi Sampan akan bemanfaat untuk memudahkan warga dalam mendapatkan informasi tentang gempa berpotensi tsunami, memudahkan warga mendapatkan informasi cuaca, suhu dan kecepatan angin dan sebagainya.


Memperhatikan kondisi saat ini, ungkap Hendri, Aplikasi SAMPAN sangat dibutuhkan dan perlu adanya komitmen bersama melalui Dinas terkait, seperti BPBD, Dinas Satpol PP, Rumah Sakit dan Inspektorat.


Kegiatan sosialisasi Aplikasi SAMPAN ini dihadiri Kasi Pengembangan dan Pengelolaan Data dan Aplikasi, Devi Hariandi beserta tenaga IT Diskominfo Pariaman.(r-saco)