Banjir Kembali Sapu Kec. Sangir Balai Janggo, Ratusan Rumah Digenangi Air 950 Lebih Warga Terdampak -->

IKLAN-UT-TAYANG-16-NOVEMBER-2020

iklan halaman depan

Banjir Kembali Sapu Kec. Sangir Balai Janggo, Ratusan Rumah Digenangi Air 950 Lebih Warga Terdampak

Senin, 09 November 2020
Banjir yang melanda dua jorong di Nagari Sungai Kunyik, Kecamatan Sangir Balai Janggo tadi malam. 


Solsel, fajarsumbar.com - Banjir bandang kembali melanda Kabupaten Solok Selatan. Puluhan rumah dan ratusan jiwa terdampak, satu pasar digenangi air. Banjir terjadi akibat luapan sejumlah anak sungai pada Senin (9/11) dini hari sekitar pukul 01.30 WIB.


Berdasarkan informasi yang diterima fajarsumbar.com dari Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalop-PB) BPBD Solok Selatan, banjir yang terjadi di Sungai Batang Pangian, Jorong Taratak dan Jorong Pasa Sungai Sungkai, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar).


Banjir terjadi akibat luapan sejumlah anak sungai pada hari, Senin (9/11) sekitar pukul 01.30 WIB dini hari.


Akibat dari banjir luapan sejumlah anak sungai tersebut, mengakibatkan satu buah pasar rakyat Sungai Sungkai 114 buah rumah terendam air, serta 950 lebih warga  terdampak di dua Jorong.


Kepala Kalaksa BPBD Solok Selatan Richi Amran bersama Kasi Penangulangan Bencana Romi mendapat informasi malam itu langsung bergerak bersama tim TRC nya dengan alat penanggulangan bencana.


Akibat hujan deras seharian di Kabupaten Solok Selatan mengakibatkan air sungai melebihi kapasitas dan meluap, yang mengakibatkan banjir genangan, banjir luapan.


Lokasi sungai yang terjadi luapan air di dua jorong yaitu Sungai Batang Pangian dan Sungai Batang Geringging.


Dengan jumlah data sementara didua jorong warga yang terdampat lebih kurang 950 jiwa, 114 buah rumah, dan satu pasar, namun kerugian belum bisa ditaksir.


"Ya malam itu juga tim TRC BPBD Solok Selatan diturunkan dan hingga kini tim masih melakukan pertolingan warga yang terdampak banjir, dengan melakukan evakuasi ke tempat yang aman," ucapnya.


BPBD Kabupaten Solok Selatan melakukan koordinasi dengan kecamatan, walinagari,TKSK dan jorong setempat.


Satgas PB dan Pusdalops PB Solok Selatan di bawah Koordinator Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Solok Selatan meninjau lokasi untuk melakukan pendataan dan penyaluran perahu karet untuk evakusi korban luapan sungai. (Abg)