Bawaslu Sijunjung Gandeng Mahasiswa Tingkatkan Partisipasi Pengawasan Pilkada 2020 -->

IKLAN-UT-TAYANG-16-NOVEMBER-2020

iklan halaman depan

Bawaslu Sijunjung Gandeng Mahasiswa Tingkatkan Partisipasi Pengawasan Pilkada 2020

Selasa, 10 November 2020
.


Sijunjung, fajarsumbar.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sijunjung menggandeng mahasiswa dari dua universitas STIT dan STIPER di Kabupaten Sijunjung dengan tujuan untuk mensosialisasikan kampanye cerdas di daerah yang berjulukan ranah Lansek Manih, Selasa (10/11/2020).  

Acara tersebut di buka Ketua Bawaslu Sijunjung, Agus Hutrial Tatul, S.Pi dan di dampingi beberapa Komisioner Bawaslu seperti Riki Minarsah, SE, Kordiv. Pengawasan dan Humas Hubungan Masyarakat Antar Lembaga, Juni Wandri, SH.,M.KN., Devisi Hukum Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Nasio, SE Sekretaris Bawaslu beserta anggota Bawaslu Kabupaten Sijunjung.


Sementara itu Komisioner Bawaslu Bagian Kordiv Pengawasan dan Humas Hubungan Masyarakat Antar Lembaga, Riki Minarsah, SE., mengatakan, inti dari kegiatan hari ini menurut (Riki-ret)

Dengan keikutsertaan mahasiswa ini, untuk pengawasan partisipatif ditengah tengah masyarakat, "karena kita menyakin mahasiwa ini bisa menjadi ujung tombak menjadi pemilih yang cerdas ditengah tengah masyarakat untuk menghindari yang namanya politik uang atau mani politik, jelas Riki Minarsah.


Dikatakannya juga dan kita berharap dengan peran aktif mahasiswa tentang pelanggaran-pelanggaran politik dilapangan dapat diantisipasi dan dicegah, serta diminimalisir, ungkapnya.


materi di sampaikan Juni Wandri, SH.,M.KN., Devisi Hukum Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, bagaimana tata cara melapor apabila masyarakat menemukan suatu pelanggaran pada pemilihan kepala daerah dan lebih lanjut menerangkan pelanggaran-pelanggaran apa saja yang terjadi pada setiap tahapan Pilkada serta menjelaskan mengenai mekanisme alur penanganan pelanggaran pada Pilkada 2020.


Pada sesi terakhir diisi oleh Riki Minarsah, SE, Kordiv. Pengawasan dan Humas Hubungan Masyarakat Antar Lembaga yang mana menjelaskan mengenai Peningkatan Peran Serta Masyarakat Pada Pilkada Tahun 2020 yang mana bertujuan Untuk menanamkan kesadaran, pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat, pentingnya sebuah Pemilu dalam negara Demokrasi disamping itu juga bagaimana meningkat Partisipasi masyarakat khususnya para kaum milenial selaku pemilih pemula untuk ikut serta mensukseskan pemilihan kepala daerah, Pada acara tersebut juga diadakan sesi Tanya jawab kepada peserta mahasiswa (def)