Catat, 21 November Universitas Labuhanbatu Gelar Debat Jubir Paslon Bupati -->

IKLAN-UT-TAYANG-16-NOVEMBER-2020

iklan halaman depan

Catat, 21 November Universitas Labuhanbatu Gelar Debat Jubir Paslon Bupati

Selasa, 17 November 2020
.

Labuhanbatu, fajarsumbar.com - Universitas Labuhanbatu akan menggelar debat Juru Bicara pasangan calon Bupati Labuhanbatu secara online melalui Podcast Universitas Labuhanbatu TV. Kegiatan ini nantinya akan disiarkan live di akun facebook dan youtube milik universitas Labuhanbatu.


Hal ini dikatakan Rektor Universitas Labuhanbatu, Ade Parlaungan Nasution,Ph.D pada Selasa, (17/11/2020).


Dijelaskannya, paslon Bupati nomor urut 1 diwakili, Dedy Arfan Sinaga, nomor urut 2 yakni Muhammad Riduan. Berikutnya nomor 3 Syahdan Saibani Rambe, nomor urut 4, Ilham Pohan, dan nomor urut 5 akan Rhas Galang Goldie.


Pemandu debat nantinya adalah dua moderator yang kredibel yakni, Yanto Ziliwu, SH (aktivis/advokat agraria) dan Dr Junita (dosen ULB/penggerak masyarakat sipil).


"Pelaksanaan debat juru bicara ini akan digelar pada tanggal 21 November 2020 di ruangan Podcast Universitas labuhanbatu TV. Ini adalah salah satu bentuk pendidikan politik kepada seluruh masyarakat Labuhanbatu," katanya.


Lebih jauh Rektor ULB ini menjelaskan, dengan keberadaan debat ini akan memulai suatu tradisi baru wacana intelektual, yaitu tradisi berdebat secara ilmiah dan menyampaikan program-proagram kerja paslon bupati yang mereka wakili secara lengkap dan paripurna.


"Apalagi dalam debat sabtu ini, juru bicara yang dikirim para paslon Bupati Labuhanbatu dinilai  cukup mumpuni baik segi akademis maupun aktivitas kemasyarakatannya," ujarnya.


Ade juga menyayangkan minimnya upaya sosialisasi pilkada calon Bupati Labuhanbatu yang dilaksanakan oleh KPU, padahal didaerah lain, walaupun ditengah pandemi covid-19, KPU masih terus melaksanakan sosialisasi ke sekolah, kampus, penjara, rumah sakit, pemukiman masyarakat dan kepada kelompok milenial.


Ditengah ancaman politik transaksi uang, Ade berpendapat bahwa semakin banyak sosialisasi mengenai Pilkada baik dari KPU maupun dari kelompok masyarakat sipil lainnya tentu akan menumbuhkan kesadaran masyarakat akan sistem demokrasi yang bersih dan berkualitas.


"Sehingga calon Bupati yang terpilih nantinya dapat membawa aspirasi masyarakat untuk membuat perubahan bagi Kabupaten Labuhanbatu, sehingga dapat maju dan berkembang sebagaimana potensi kekayaan alam Kabupaten Labuhanbatu yang cukup besar," tegasnya. (Randi)