Dengan 100 Ribu Rupiah pun Sudah Bisa Kuliah di UT -->

IKLAN-UT-TAYANG-16-NOVEMBER-2020

iklan halaman depan

Dengan 100 Ribu Rupiah pun Sudah Bisa Kuliah di UT

Rabu, 11 November 2020
Dra. Hj. Yusrafiddin, M.Pd

Padang, fajarsumbar.com - Universitas Terbuka (UT) memang disetting untuk mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Selain mudah, simpel dan tidak perlu harus tatap muka, bianya pun sangat murah dengan kualitas yang tidak kalah dari perguruan tinggi negeri lainnya.


"Biaya seratus ribu rupiah pun, calon mahasiswa sudah bisa menimba ilmu di UT," terang Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Kota Padang Dra. Hj. Yusrafiddin, M.Pd kepada fajarsumbar.com di kantornya, Selasa (10/11/2020).


Menurutnya, UT se-Indonesia meluncurkan program dengan menggaet mahasiswanya satu juta orang. Hal itu dimaksudkan untuk memberikan pendidikan kepada warga tanpa membatasi usia dan pekerjaan serta latarbelakang, untuk bisa menimba ilmu di perguruan tinggi negeri tersebut.


"UT ini perguruan tinggi negeri lho... dengan biaya kuliah sangat murah, dan tidak pula merepotkan mahasiswa baru, modul dikasih. Mahasiswa dapat menimba ilmu sesibuk apapun dengan aktifitas seharian," tambahnya lagi.


Menurut Yusrafiddin, mahasiswa bisa mengatur jadwal kuliahnya sendiri, bila saat yang bersangkutan sibuk dengan aktivitas dan pekerjaan seharian. Keistimewaan UT lagi, mahasiswa tidak ada yang di drop out  (DO) bila tidak menyelesaikan kuliah rentang waktu yang ditentukan. 


"UT tidak pernah men-DO mahasiswanya. Mahasiswa yang sudah terdaftar dulu, kemudian tidak bisa melanjutkan kuliah karena kesibukan (off), jika pingin lanjutkan lagi kuliahnya pada tahun berikutnya masih bisa, karena masih tercatat di sistem," paparnya.


Menurutnya, UT adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menyelenggarakan pendidikan melalui sistem terbuka dan jarak jauh. Setiap orang dapat menjadi mahasiswa tanpa ada batasan baik tahun kelulusan ijazah SLTA, usia, lama studi maupun tempat tinggal.


Mahasiswa dapat belajar menyediakan layanan yang disebut tutorial, baik melalui pertemuan berkala secara tatap muka, atau online.  "Mahasiswa dapat mengakses bahan ajar digital  melalui website atau perangkat android. Pengayaan wawasan dilakukan melalui penyediaan perpustakaan dan berbagai bahan digital lainnya," tambahnya.


UT Padang ini, memiliki beberapa fakultas. Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) serta Program Magister (S2).(andri/roni.dz)