Diguyur Hujan Lebat, Ruas Jalan Utama di Lubuk Basung Berubah Jadi Sungai -->

IKLAN-UT-TAYANG-16-NOVEMBER-2020

iklan halaman depan

Diguyur Hujan Lebat, Ruas Jalan Utama di Lubuk Basung Berubah Jadi Sungai

Kamis, 19 November 2020

Pengendara harus hati-hati karena jalan utama di Lubuk Basung sudah berubah jadi sungai.


Lubuk Basung, fajarsumbar.com - Akibat tingginya curah hujan dari pukul 15.00 Wib - 19.00 Wib, Kamis (19/11/20) Sore, sejumlah ruas jalan di Lubuk Basung Kabupaten Agam Sumatra Barat digenangi air setinggi 10 cm - 40 cm. 


Titik banjir tersebar dibeberapa jalan di ibu kota Kabupaten Agam itu. Jalan utama pun tak luput dari genangan banjir. Seperti Jalan Sudirman di depan kantor Bupati Agam, Jalan Muhammad Hatta di depan kantor Polres Agam, dan Jalan Gajah Mada,


Ismet (54) warga yang tinggal di sekitar Jalan Gajah Mada mengatakan, hampir setiap hujan lebat turun, bisa dipastikan Jalan Gajah Mada ini akan berubah jadi sungai. Ini sudah berlangsung lama,  belum ada tanda tanda akan ditanggulangi.


Tingginya air di Jalan Gajah Mada ini, Akibat tali bandar yang berada di samping jalan sudah tidak bisa lagi menampung debit air saat ini.


Di samping tali bandar yang sudah mengecil dan dangkal, ditambah lagi kelakuan warga yang masih suka membuang sampah ke bandar.


Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam Muhammad Lutfi  Ar mengatakan, pihaknya telah menurunkan satgas ke lokasi banjir, guna membantu, mengurangi genangan banjir.


Di samping itu, anggota Pusdalops juga sedang mendata titik banjir dan bencana lainnya di Agam.


Dari pantauan fajarsumbar.com di lapangan, terlihat, Jalan Gajah Mada di depan Accenter Bogenvill ketinggian air sampai 40 cm, dan berarus deras, sehingga sulit untuk dilewati kendaraan, baik roda dua maupun roda 4, untuk menghindari hal tidak dingini, masyarakat setempat bantu mengalih kendaraan kejalur sebelahnya. (Yanto)