Dua Pelaku Sabu Diamankan Tim Tarantula Polres Tanah Datar -->

IKLAN-UT-TAYANG-16-NOVEMBER-2020

iklan halaman depan

Dua Pelaku Sabu Diamankan Tim Tarantula Polres Tanah Datar

Selasa, 10 November 2020


Salah seorang pelaku DR dan barang bukti diamankan di Mapolres Tanah Datar


Tanah Datar, fajarsumbar.com  - Tim Tarantula Polres Tanah Datar di bawah pimpinan Kasat Resnarkoba AKP Yaddi Purnama, SH melakukan penangkapan dalam dua hari ini terhadap pelaku penyalahgunaan narkotika golongan I jenis sabu di dua lokasi berbeda. 


Hal itu dibenarkan Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnomo, SIK M.Si melalui Kasubag Humas Iptu Desfiarta, SH lewat pesan WA kepada fajarsumbar.com, Selasa (10/11/20). 


Penangkapan pertama dilakukan hari Senin (9/11/20) sekira pukul 12.45 Wib, terhadap pelaku tindak pidana jenis sabu, disebuah rumah di Jorong Tigo Batua, Nagari Sungai Tarab, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar. 


Tersangka berinisial HSB (30), Wiraswasta,  Alamat Jorong Tigo Batua, Nagari Sungai Tarab, Kecamatan Sungai Tarab. Barang bukti yang berhasil disita berupa, 1 paket butiran kristal bening yang diduga narkotika jenis sabu yang dibungkus dengan plastik bening, 1 lembar timah rokok, 1 set alat hisap sabu/bong, 1 unit HP merk Oppo. 


Sebelumnya Tim Satres Narkoba mendapatkan informasi dari masyarakat bahwasanya HSB sering menggunakan narkotika jenis sabu di Jorong Tigo Batua. Kemudian petugas melakukan penyelidikan, dan sekira pukul 12.45 wib petugas mendapati sedang tidur didalam kamarnya yang dalam keadaan terkunci, kemudian petugas membangunkan HSB serta menyuruh membuka pintu, setelah pintu kamar dibuka petugas langsung mengamankan HSB. 


Selanjutnya dilakukan penggeledahan badan serta kamarnya yang disaksikan oleh Wali Jorong dan warga, dibawah kasur tempat tidurnya ditemukanlah 1  paket kecil sabu yang dibungkus dengan plastik bening yang dibungkus dengan kertas timah rokok, yang mana dari keterangannya, sabu tersebut adalah miliknya.


Penangkapan kedua terjadi pada Selasa (10/11/20)  sekira pukul 00.15 Wib, di pinggir jalan Jorong Sungai Jambu, Nagari Sungai Jambu, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar. Dengan pelaku inisial DR (25 thn), pekerjaan wiraswasta, warga Jorong Bulan Sariak Jambak Ulu, Nagari Sungai Jambu, Kecamatan Pariangan. 


Barang bukti yang berhasil disita yakni, 16 paket butiran kristal bening yang diduga sabu, 1 buah plastik klip, 1 buah kaca pirek, 1 bungkus rokok Luffman, 1 buah HP android merek Samsung,  1 unit sepeda motor merek Yamaha Jupiter Z beserta kunci kontak. 


Kronologis kejadian dimana Tim Tarantula Satresnarkoba Polres Tanah Datar telah melakukan pengintaian, dan tim mendapatkan informasi dari masyarakat bahwasanya pelaku DR sering menggunakan dan mengedarkan narkotika jenis sabu di Nagari Sungai Jambu. 


Kemudian petugas melakukan penyelidikan dengan cara undercover boy terhadap pelaku. Hasilnya disepakatilah untuk bertransaksi di pinggir jalan Jorong Sungai Jambu, maka petugas dan DR telah sampai di lokasi transaksi yang telah disepakati.


Akan tetapi DR merasa curiga dan langsung membuang satu bungkus rokok Luffman, dan petugas langsung melakukan penggeledahan yang disaksikan oleh Wali Jorong beserta warga, dan ditemukanlah di dalam rokok Luffman tersebut dua paket kristal bening yang diduga sabu. 


Selanjutnya dilakukan pengembangan ke rumahnya dan dibawah lemari TV didalam sebuah kotak ditemukan lagi 14 paket narkotika jenis sabu, dari keterangan DR bahwasanya 16 paket sabu tersebut merupakan miliknya yang siap untuk diedarkan. 


Selanjutnya kedua tersangka dan barang bukti dibawa ke Mapolres Tanah datar guna proses penyidikan selanjutnya. Pelaku dijerat dengan pasal 112 ayat 1 jo 127 ayat 1 huruf a UU No. 35 tahun 2009 tentang narkotika,  dengan ancaman hukuman 5 sampai 20 tahun. (fdy)