Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Sumbar, Pusatnya di Pesisir Selatan -->

IKLAN-UT-TAYANG-16-NOVEMBER-2020

iklan halaman depan

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Sumbar, Pusatnya di Pesisir Selatan

Rabu, 18 November 2020
ilustrasi

Padang, fajarsumbar.com - Sumbar kembali diguncang gempa bumi. Kali ini berkekuatan magnitudo 5,3 mengguncang wilayah Kabupaten Pesisir Selatan, Rabu (18/11) sekitar pukul 11.41 WIB. 


Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, gempa tidak berpotensi tsunami, pusat gempa berada di kedalaman 11 kilometer.


Kemarin, gempa bumi juga melanda wilayah Sumatera Barat pada Selasa (17/11) itu gempa Magnitudo (M) 6,3 mengguncang wilayah Tuapejat, Sumatera Barat, pada pukul 08.44 WIB.


Gempa tidak berpotensi tsunami karena kekuatannya masih di bawah 7,0 magnitudo. Selain itu, gempa tak berpotensi tsunami karena mekanisme sumbernya yang berupa sesar geser.


Informasi dari BMKG gempa ini tidak disebabkan oleh aktivitas tumbukan lempeng. Pasalnya, gempa ini bersumber di dalam Lempeng Indo-Australia maka gempa ini bukan merupakan gempa yang disebabkan oleh aktivitas tumbukan lempeng di zona megathrust. 


Melihat aktivitas sumber gempa ini, maka ancaman bagi pulau Sumatera bukan hanya aktivitas gempa yang bersumber dari tumbukan lempeng di zona megathrust, sesar Mentawai, dan sesar besar Sumatera di daratan. (ab)


sumber: BMKG