GEPEMP Tingkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Pesisir -->

IKLAN-UT-TAYANG-16-NOVEMBER-2020

iklan halaman depan

GEPEMP Tingkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Pesisir

Selasa, 10 November 2020
ilustrasi


Padang, fajarsumbar.com - Gerakkan Pensejahteraan Masyarakat Pesisir (GEPEMP) yang digallakkan Pemprov Sumbar dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat pesisir. 


Lebih 80 persen Nelayan Sumbar berada pada garis kemiskinan dan dengan program GEPEMP dapat dirasakan oleh para nelayan. Program ini disebut-sebut menjadi salah satu keberhasilan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno selama 10 tahun ia memimpin Sumbar berpasangan dengan Nasrul Abit.


Demi terwujudnya program tersebut Pemprov melaksanakan berbagai program strategis. Di antaranya peningkatan kapasitas SDM masyarakat pesisir, melalui berbagai pelatihan life-skill bagi nelayan dan anggota keluarganya seperti pelatihan mekanik, pekerjaan sipil, dan kewirausahaan kecil lainnya.


Memfasilitasi dan mengembangkan mata pencaharian alternatif bagi keluarga nelayan, berupa bantuan paket-paket peternakan, pertanian, perkebunan, perdagangan dan industri skala kecil.


Diseminasi perbaikan kualitas hidup masyarakat pesisir, melalui kegiatan sosialisasi bidang pendidikan, kesehatan, keagamaan, lingkungan hidup, ekonomi rumah tangga, dll.


Peningkatan kapasitas sarana prasaran penangkapan, melalui bantuan sarana prasarana mesin long-tile, mesin tempel, alat tangkap dan alat bantu penangkapan bagi nelayan.


Fasilitasi akses permodalan, melalui temu usaha dengan pihak perbankan dan perusahaan pembiayaan formal, temu usaha dengan pembeli dan investor lainnya.


Perbaikan sarana dan prasarana lingkungan wilayah pesisir, melalui pengintegrasian program kegiatan terkait seperti PNPM, sanitasi.


Pemberian makanan pengganti ASI bagi balita yang berada di wilayah pesisir yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, telah dapat membantu pengurangan angka Balita Kurang Gizi di wilayah pesisir. (hms-pemprov/ab)