ITP Bangun Kampus II Berlantai Lima di Areal 1,3 Hektare -->

IKLAN-UT-TAYANG-16-NOVEMBER-2020

iklan halaman depan

ITP Bangun Kampus II Berlantai Lima di Areal 1,3 Hektare

Rabu, 11 November 2020
Rektor Institut Teknologi Padang Ir. Hendri Novrianto, MT


Padang, fajarsumbar.com - Salah satu upaya memberikan kenyamanan bagi mahasiswa dalam menjalani pendidikan di Institut Teknologi (ITP) Padang, tengah membangun prasarana pendidikan baru yang refresentatif.


Pembangunan prasarana, berupa kampus II ITP yang berdiri pada areal seluas 1,3 hektare, berlokasi di kawasan By Pas Jalan DPR Aia Pacah Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.


"Gedung baru berlantai lima itu dibangun awal tahun 2019," kata Rektor ITP, Ir. Hendri Novrianto., MT., ketika dihubungi fajarsumbar.com di ruang kerjanya, Rabu, (11/11/2020). 


Menurutnya, jika gedung ITP telah selesai, nantinya akan dimanfaatkan oleh mahasiswa Fakultas Vokasi program kejuruan Diploma (D III) dan (D IV).


Kedua lantai bangunan gedung itu, strukturnya telah selesai, dan akan dilanjutkan kembali pekerjaanya bulan Desember ini. 


Dari lima lantai yang direncanakan ITP, dua lantai diantaranya diharapkan bisa selesai 2021 dan bisa pula dimanfaatkan mahasiswa Fakultas Vokasi dan dosen untuk menjalani pendidikan.


Di lokasi yang sama, juga dibangun rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) berlantai tiga bantuan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR-RI) sebesar Rp15 miliar. "Nantinya bisa dihuni oleh 158 mahasiswa khusus dari Fakultas Vokasi," sebut Hendri lagi.


Di tengah pandemi Covid-19 yang belum terasa melandai saat ini, bahkan pekerjaannya gedung itu, sempat terhenti, termasuk adanya pemotongan anggaran, namun sekitar 40 persen yang bisa di fasilitasi oleh Dirjen Perumahan Kementerian PUPR-RI.


Setelah Rektor ITP bertemu dan membicarakan dengan Dirjen Perumahan Kementrian PUPR RI, maka pekerjaan pembangunan Rusunawa yang sempat terhenti, pada 2021 nanti bisa dituntaskan.


Selain itu, juga akan dibangun suatu worshop masa depan atau laboratorium yang dibangun dalam suatu kesatuan yang di dalamnya terdiri dari kegiatan di bidang Elektro dan Mesin.


Jika worshop bisa selesai pada 2022 nanti, seluruh kegiatan pembelajaran dan praktek bagi mahasiswa bisa dilaksanakan di kampus baru II tersebut.


Terkait memajukan kualitas pendidikan ITP bisa menjadi salah satu perguruan tinggi bertaraf internasional, menurut Ketua Yayasan Institut Teknologi Padang Drs, Zulfa Uliras M.Pd, ITP terus berupaya meningkatkan kualifikasi dosen ke jenjang Strata Tiga (S III) atau Doktor, meningkatnya klaster penelitian menjadi ke tingkat madya, membangun kantor dan fasilitas untuk pelayanan terpadu.(Rony Dz)