Gubernur Sumbar; Nagari Tageh Covid-19 Solsel Bisa Jadi Percontohan di Indonesia -->

IKLAN-UT-TAYANG-16-NOVEMBER-2020

iklan halaman depan

Gubernur Sumbar; Nagari Tageh Covid-19 Solsel Bisa Jadi Percontohan di Indonesia

Selasa, 17 November 2020
Irwan Prayitno saat memberikan sambutan

Solsel, fajarsumbar.com - Rumah untuk Isolasi warga yang hendak pulang kampung (Nagari Tageh) di saat pandemi dipersiapkan oleh Pemda Solok Selatan, dan diresmikan langsung oleh Gubernur Sumbar.


Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat peresmian itu didampingi sejumlah petinggi Solok Selatan. Komandan Kodim (Dandim) 0309/Solok, Letkol Arm Reno Triambodo, Kapolres Solok Selatan, AKBP Tedy Purnanto, Kajari Solsel M.Bardan, Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda, Pjs Bupati Solsel, 


Nagari Tageh bentuk persiapan menyediakan tempat khusus atau ruangan isolasi mandiri dalam penanganan pasien kasus Covid-19. 


Pengguntingan pita tanda diresmikannya Nagari Tageh di Solsel.


"Mudahan saja Nagari Tageh Covid-19 bisa menjadi percontohan di Indonesia, terutama di Sumbar," ungkap Gubernur Sumbar Irwan Prayitno usai meresmikan Nagari Tageh di Nagari Luak Kapau Alampauh Duo, Solok Selatan, Selasa (17/11/2020).


Keunggulan Nagari Tageh Covid-19 yang sudah disiapkan satu perkecamatan di Solsel, bukan sekedar ruangan isolasi yang layak. Baik untuk pasien Covid-19 dewasa, ibu hamil, juga untuk anak anak. 


Disamping itu, keterlibatan seluruh unsur masyarakat dengan modal sosial membantu kebutuhan pasien. Mulai dari beras, gula, minyak goreng, lauk pauk dan lainnya. 


Foto bersama


"Ini sebagai bentuk kesiapan nagari, dan seluruh unsur masyarakat dalam penanganan kasus pandemi covid-19," bebernya. 


Ketujuh nagari tageh yang terbentuk di tujuh Kecamatan di Solok Selatan, yakni Nagari Sungai Kunyit di Kecamatan Sangir Balai Jango dan Nagari Sako Pasir Talang di Kecamatan Sungai Pagu. 


Kemudian, Nagari Abai di Kecamatan Sangir Batang Hari, Nagari Luak Kapau Alam Pauhduo di Kecamatan Pauh Duo, dan Nagari Lubuk Gadang Kecamatan Sangir. 


Gunernur Sumbar Irwan Prayitno beserta rombongan saat menuju lokasi Nagari Tageh

Dia mengatakan, sesuatu hal yang harus ada dan terfikirkan daerah dalam melawan wabah corona.  "Mari bersama lawan corona dan putus mata rantai Covid-19, melalui nagari tageh ini," ujarnya dengan uraian sambutan berpantun. 


Artinya sebut gubernur, langkah mengisolasi masyarakat nagari yang terinfeksi kasus Covid-19. Kepedulian itu merupakan sesuatu hal yang mesti menjadi catatan penting Kabupaten Solsel melalui nagari tageh melawan corona. 


Gunernur, Bupati, Ketua DPRD Forkopimda, foto bersama usai peresmian Nagari Tageh.


"Nagari tageh ini terbentuk berkat dorongan dan binaan dr. Amdani tim reset Covid-19 Fakultas Kedokteran Unand, Padang," paparnya. 


Pjs Bupati Solsel, Jasman Rizal mengapresiasi Wali Nagari di Solsel yang punya komitmen terhadap upaya pencegahan, penanganan kasus Covid-19 di Solok Selatan. 


"Ini tak lepas dari dorongan dr. Amdani, dan komitmen nagari untuk menyediakan rumah isolasi bagi pasien covid," jelasnya. (Abg)