Kejaksaan Negeri Sawahlunto Musnahkan Barang Bukti Inkracht -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Kejaksaan Negeri Sawahlunto Musnahkan Barang Bukti Inkracht

Kamis, 26 November 2020
Pemusnahan barang bukti.


Sawahlunto, fajarsumbar.com - Salah satu kegiatan rutin yang dilakukan Kejari Kota Sawahlunto yakni memusnahkan barang bukti dari perkara tindak pidana umum yang telah memiliki kekuatan hukum tetap (Inkracht).


Acara pemusnahan dilaksanakan sekitar pukul 09.00 WIB di halaman Kejari Kota Sawahlunto, Kamis (26/11/2020). Barang bukti yang dimusnahkan mulai dari narkoba jenis ganja dan shabu, senjata air softgun, handphone, hingga uang palsu.


Pemusnahan barang bukti narkoba dipimpin Kepala Kejari Kota Sawahlunto Abdul Basir, S.H.MH. dilakukan dengan cara ; Narkotika jenis ganja dan shabu serta alat isap shabu dan uang palsu dimusnahkan dengan dibakar di dalam drum. Sedangkan senjata air softgun dihancurkan lalu dibakar.


Kepala Kejari Kota Sawahlunto, Abdul Basir, SH, MH mengatakan pemusnahan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Kejari Sawahlunto terhadap barang bukti yang telah memiliki kekuatan hukum tetap (incraht).


"Pemusnahan barang bukti merupakan suatu tindak lanjut penegakan hukum dari aparatur penegak hukum. Pelaksanaan pemusnahan dilakukan sesuai mekanisme dari prosedur yang ada", sebutnya.


Berikut adalah barang bukti yang dimusnahkan :


1. Shabu 8,07 gram

2. Ganja 1000,16 gram

3. Satu pucuk senjata air softgun

4. Uang palsu dengan total 3.200.000 yang terdiri dari 28 uang palsu pecahan 100 ribu. 8 lembar uang palsu pecahan 50 ribu.

5. Sejumlah handphone yang digunakan untuk kejahatan.


"Semoga kedepannya pendekatan hukum semakin solid", harap Kejari Abdul Basir SH, MH yang pernah menjabat sebagai Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


Turut hadir Kapolres didampingi Kasat Reskrim, Kasat Lantas Kota Sawahlunto, Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0310/SSD, Karutan, Kalapas Narkotika, Kesbangpol, Satpol PP, Kabag Hukum dan Awak Media Kota Sawahlunto. (ton)