Keltan Sijunjung bakal Dapat Bantuan Alsintan -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Keltan Sijunjung bakal Dapat Bantuan Alsintan

Senin, 30 November 2020

Ir. Ronaldi kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung


Sijunjung, fajarsumbar.com - Para kelompok tani boleh berlega hati pasalya Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung yang dikepalai Ir.Ronaldi dalam waktu dekat ini akan menyerahkan bantuan Alsintan untuk kelompok tani 


Batuan tersebut tentu tidak lepas dari usulan/koordinasi Dinas Pertanian dengan pemerintah daerah yang bisa segera terwujud, katanya ke fajarsumbar.com di ruangannya Senin (30/11/2020) di Muaro Sijunjung.


Bantuan Alsintan tersebut berupa Traktor roda dua  sebanyak 32 unit. Cultivator 4 unit. Threser (mesin panen) 3 unit. Hand sprayer elektrik 10 unit. menurut Ir. Ronaldi kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung Ir.Ronaldi, pembelian Alsintan tersebut bersumber dari dana insentif daerah (DID) dan akan diserahkan ke 49 kelompok tani yang ada di Kabupaten Sijunjung yang berjulukan Ranah lensek Manih ini.


Alsintan untuk kelompok yang akan diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung.


Dikatakannya dengan adanya bantuan ini pembangunan pertanian untuk kedaulatan pangan memang menjadi salah satu prioritas pemerintah. Untuk itu indikasi keberhasilan kedaulatan pangan yakni bila kebijakan pangan dapat diatur secara mandiri, serta petani sebagai pelaku utama usaha pertanian terlindungi dan terjamin kesejahteraannya.


Dan juga, bantuan Alsintan ini diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam meningkatkan produksi pertanian, sehingga mampu  memberikan kemakmuran untuk para petani di daerah Sijunjung jelasnya.


Dikatakan Ronal, berbagai program untuk mendukung pencapaian produksi pertanian seperti penyediaan dan perbaikan sarana dan prasarana pertanian tetap dilaksanakan. 

“Salah satu kegiatan untuk pencapaian program tersebut yaitu dengan penyediaan alat mesin  pertanian ini," jelasnya.


"sehingga akan terwujud modernisasi pertanian,” ujarnya, dia juga meminta kepada petani untuk terus berinovasi dalam menanam komoditas pertanian yang diminati pasar, seperti  jagung atau palawija lainnya harap Kadis pertanian tersebut. (def)