KKN Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kudus Di Desa Jetak -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

KKN Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kudus Di Desa Jetak

Rabu, 25 November 2020

 


Pati, fajarsumbar.com -  Salah satu kegiatan dalam rangka melaksanakan program kerja, KKN Universitas Muhammadiyah Kudus, beberapa mahasiswa yang tergabung dalam kelompok III Kabupaten Pati melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang dilaksanakan di Desa Jetak, Kecamatan Pucakwangi, Kabupaten Pati. Rabu (25/11/2020).

Dalam pelaksanaan KKN ini ada enam orang mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Kudus yang diketuai Saudara Vara Arswenda melaksanakan kegiatan pemeriksaan rutin kepada sejumlah lansia yang didampingi bidan Desa Jetak  Naning dan kader desa. Dalam pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Jetak tersebut diikuti 15 orang dengan berbagai pemeriksaan antara lain pemeriksaan tekanan darah dan pengecekan asam urat. Dalam pemeriksaan ini diketemukan bahwa banyak lansia yang mengalami asam urat tinggi.

Dilain kesempatan  bidan desa Naning mengatakan dengan adanya kegiatan KKN ini sebagai sarana bagi mahasiswa untuk mengetahui situasi di lapangan serta mempraktekkan ilmu yang didapatnya.

" Dengan adanya program KKN ini selaku bidan desa saya sangat mendukung, selain bisa memberikan manfaat bagi warga juga sangat bermanfaat bagi mahasiswa," Ungkap Naning.

Nanda salah satu mahasiswa yang ikut melaksanakan program KKN mengatakan bahwa selain praktik di rumah sakit, program KKN ini begitu dekat dengan masyarakat.

" Di KKN ini kami sangat dekat dan berbaur langsung dengan masyarakat sehingga apa yang kami dapat  dari kampus langsung bisa di praktikkan di masyarakat dengan didampingi bidan desa," Ungkap Nanda.

Dengan pendampingan bidan serta kader kesehatan di desa, KKN mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kudus ini diterima oleh masyarakat.

"Pendampingan dari bidan desa begitu besar artinya bagi kami karena dengan adanya pendampingan ini kami lebih yakin dalam melaksanakan kegiatan,," Tambah Nanda.

Dalam kegiatan ini juga disosialisasikan kepada masuarakat tentang protokol kesehatan dengan memakai  masker, mencuci tangan dengan sabun serta menjaga jarak perorangan. Bagi mahasiswa sendiri KKN ini diharapkan sebagai penambah pengalaman yang nantinya sangat berguna sebagai tenaga kesehatan untuk mempraktekkan ilmu yang didapat dari kampus kepada masyarakat. (m@s)