Pd. Pariaman Terpilih Pilot Project 100 Kab/Kota Smart City se-Indonesia -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Pd. Pariaman Terpilih Pilot Project 100 Kab/Kota Smart City se-Indonesia

Senin, 23 November 2020
Sekretaris Daerah Jonpriadi mengekpsos secara virtual Master Plan Smart City ke Tim Kemenkominfo RI di Parit Malintang, Senin (23/11/20).

Pd.Pariaman, fajarsumbar.com - Sekretaris Daerah Jonpriadi memaparkan perkembangan kemajuan program Master Plan Smart City Kabupaten Padang Pariaman kepada Tim Panelis Kemenkominfo RI, Senin (23/11/20).


Pemaparan dilakukan secara virtual itu berkenaan evaluasi dan monitoring terhadap Padang Pariaman dipilih sebagai Pilot Project 100 Kabupaten dan Kota Smart City se-Indonesia. 


"Kita sudah siapkan infrastruktur, SDM, Inovasi yang bermanfaat kepada masyarakat dalam rangka penerapan smart city. Contohnya Aplikasi Perizinan online dan sistem pencatatan kelahiran dan kematian pada Disdukcapil," kata Jonpriadi didampingi Inspektur Hendra Aswara di ruang command center, kantor bupati, Parit Malintang.


Kata Jonpriadi, menghadapi pandemi Covid-19, layanan publik juga mengalami perubahan. Setiap OPD menggunakan teknologi informasi. Diantaranya penerapan tanda tangan digital, aplikasi pengaduan online dan absensi elektronik. 


"Sejak tahun 2019 lalu, kita komit dan fokus untuk penerapan smart city karena manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat," tegas mantan Kepala Bappeda itu.


Sementara itu, Inspektur Hendra Aswara mengatakan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) harus dilaksanakan pemerintah daerah. 


Untuk ke depannya, ungkap dia, juga akan dilakukan audit impelementasi SPBE di pemerintah daerah, khususnya pada perangkat daerah. 


"Penerapan SPBE disuatu daerah, merupakan indikator untuk penyaluran Dana Insentif Daerah (DID), sehingga mau tidak mau, kita harus bergerak mendorong OPD untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam layanan publik," sebut mantan Kadis Perizinan itu. (r-saco)