Peduli Wisata Award & GIPI Award 2020 Sawahlunto Raih Juara I Kategori The Best Achievement -->

IKLAN-UT-TAYANG-16-NOVEMBER-2020

iklan halaman depan

Peduli Wisata Award & GIPI Award 2020 Sawahlunto Raih Juara I Kategori The Best Achievement

Jumat, 20 November 2020
Kadis Pariwisata Sumatera Barat H. Novrial (berkopiah) dan Kepala Dinas Pariwisata Kota Sawahlunto Nova Erizon melakukan salam yang dipopulerkan Novrial “Salam Pitih Masuak” karena pariwisata harus bisa mendatangkan pitih masuak ke daerah.


Sawahlunto, fajarsumbar.com - Kota Sawahlunto raih juara pertama kategori The Best Achievement dalam acara penganugerahan Peduli Wisata Award dan GIPI Award, di Auditorium Gubernuran Provinsi Sumatera Barat, Kamis (19/11/20).


Kepala Dinas Pariwisata Kota Sawahlunto Nova Erizon mengatakan penghargaan ini tidak terlepas dari keberhasilan Kota Sawahlunto dan 6 kabupaten/kota yang berada dalam jaringan kereta api menjadi warisan dunia UNESCO, Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto (OCMHS) di tahun 2019 dan Geopark Nasional Sawahlunto pada tahun 2018.


"Tentu saja kita bersyukur ya, ternyata pemerintah provinsi masih memandang Sawahlunto sebagai daerah pariwisata potensial", ungkap Nova saat dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp.


Disampaikan Nova Erizon, hal ini dibuktikan bahwa prioritas wisata provinsi adalah termasuk OCMHS dan Geopark.


"Tapi penghargaan ini tidak menjadikan kita terlena sehingga larut dalam euphoria, karena percuma dapat penghargaan jika sektor pariwisata belum memberikan dampak positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sawahlunto", sambung Kadis menyampaikan.


Lebih lanjut Nova mengatakan, untuk memajukan pariwisata tidak dapat hanya dilaksanakan oleh pemerintah, tapi melibatkan seluruh stake holders kota. Desa dengan dana desanya serta kelompok-kelompok sadar wisata (Pokdarwis) memegang peran kunci.


"Kita juga harus bisa mengedukasi masyarakat untuk dapat berlaku layaknya masyarakat wisata. Ramah, welcome terhadap pengunjung, dapat memberikan informasi terkait objek-objek wisata yang ada di lingkungannya", ujarnya.


Kadis Pariwisata Kota Sawahlunto berharap, mudah-mudahan penghargaan ini dapat membangkitkan lagi semangat kepariwisataan di seluruh lini kota Sawahlunto.


"Karena pariwisata adalah sektor yang dapat memberikan daya ungkit dan multiplier effect terhadap sektor lain", harapnya kemudian.


Peduli Wisata Award (PWA) merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terhadap kepedulian Bupati/Walikota dalam pertumbuhan pariwisata dan peningkatan ekonomi kreatif untuk Kabupaten/Kota yang bersangkutan. 


Sedangkan GIPI (Gabungan Industri Pariwisata Indonesia) Award digagas oleh GIPI Sumatera Barat sebagai apresiasi dan penghargaan untuk pelaku usaha pariwisata di Sumatera Barat.


Menurut Kadis Pariwisata Sumatera Barat H. Novrial dalam laporannya sebagai ketua penyelenggara, "penghargaan ini sebagai sebuah ukuran dan indikator kepedulian pimpinan daerah untuk membangun pariwisata di daerahnya".


Acara dihadiri oleh Bupati/Walikota dan Kepala Dinas Pariwisata se-Sumatera Barat, Asosiasi Kepariwisataan, pelaku dan penggiat pariwisata se-Sumatera Barat.


"Kami memberikan apresiasi kepada Dinas Pariwisata dan GIPI Sumbar atas pelaksanaan kegiatan ini. Saya berharap PWA dan GIPI Award ini terselenggara terus di masa yang akan datang dan bisa menjadi motivasi bagi Kab/Kota di Sumatera Barat untuk berlomba-lomba memajukan Industri Pariwisata di daerahnya masing", ujar Gubernur Sumatera Barat H. Irwan Prayitno yang hadir secara langsung dan berkenan menyampaikan hadiah kepada para pemenang.


Adapun pemenang dalam Peduli Wisata Award (PWA) 2020 berbasis digital ini yaitu :

1.  Kategori The Best Performance :

Juara I: Kab. Lima Puluh Kota 

Juara II: Kota Bukittinggi

Juara III: Kota Pariaman 

 

2. Kategori The Best Achievement 

Juara I: Kota Sawahlunto

Juara II: Kab.Pesisir Selatan 

Juara III: Kota Solok


3. The Best Improvement

Juara I: Kab.Solok

Juara II: Kab.Sijunjung 

Juara III: Kab.Padang Pariaman 


GIPI Award :

1. Desa Wisata Terbaik : Desa Wisata Kubu Gadang, Kota Padang Panjang.

2. Pokdarwis Terbaik : Pokdarwis Kapalo Banda Taram, Kab. 50 Kota.

3. Penggiat/Penggerak Wisata Terbaik : Sdr. Eko Darmawan dari Kab. Pasaman Barat.

4. Kategori Life Achievement : H. Safaruddin Dt. Pangeran, pemilik Pangeran Beach Hotel. (ton)