Pemkab Pasaman dan BRPI Adakan Kerja Sama Riset Benih Ikan -->

IKLAN-UT-TAYANG-16-NOVEMBER-2020

iklan halaman depan

Pemkab Pasaman dan BRPI Adakan Kerja Sama Riset Benih Ikan

Kamis, 12 November 2020
.

Pasaman, Fajarsumbar.com - Bupati Pasaman mendampingi  Dinas Perikanan Kabupaten Pasaman M.M. Dwi Richie J.p, S.Pi, M.Si tandatanganan perjanjian kerjasama (MoU) dengan kepala Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) BRSPDM Kementerian Kelautan Dan Perikanan RI Drs. Suharyanto, MP di Rumah Dinas Bupati Pasaman, Rabu (11/11/2020).


Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pasaman M. Dwi Richie J.p, S.Pi, M.Si BRPI dalam sambutannya menyampaikan Dinas Perikanan kabupaten Pasaman sedang mengembangkan ikan mas hibrida unggul antara strain Majalaya dengan Sutisna di BBI Lundar, dari pengujian secara terbatas, menunjukkan bahwa ikan mas hibrida tersebut memiliki sejumlah keunggulan bila dibandingkan dengan jenis ikan yang sama.


Lanjut Richie, berdasarkan hasil pengujian multi lokasi melalui kerjasama dengan pihak BRPI di BBI Lundar ini sudah sampai pada tahap akhir pembesaran, tuturnya.


Sementara itu Bupati Pasaman H.Yusuf Lubis menyampaikan dalam arahanya kabupaten Pasaman merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Barat yang memiliki potensi perikanan budidaya air tawar dengan luas 4.440 HA dengan produksi 51 827,52 Ton.


Bupati juga menambahkan usaha perikanan merupakan usaha yang sudah lama digeluti oleh masyarakat sebagai salah satu mata pencaharian dan telah di lakukan secara turun temurun khusus di kecamatan yang menjadi daerah minapolitan yaitu kecamatan Rao dan Rao Selatan, berdasarkan data statistik jumlah pembudidaya di dua kecamatan tersebut sebanyak 9.050.


Diakhir sambutannya Bupati Pasaman menambahkan mendapatkan benih unggul indukan yang unggul pemerintah daerah melalui dinas perikanan telah menyalurkan beberapa indukan ikan mas unggul ke para pembudidaya diantaranya adalah ikan mas mantap, marwana, jaya sakti dan mustika, Ucap Yusuf Lubis.


Sementara telah penandatangan Mou Dinas Perikanan kabupaten Pasaman dan kepala Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI)BRSPDM Kementerian Kelautan Dan Perikanan RI Drs Suharyanto, MP melakukan kunjungan kerja dan  panen raya ikan mas Permata Pasaman (Perkawinan Majalaya - Sutisna untuk Pasaman) di BBI Lundar kecamatan Panti.(Afrinaldi)